Hagia Sophia

22 October 2023

Pasien Ke-3 yang Positif Mpox, Pernah Lakukan Perjalanan dari China

Ilustrasi kasus cacar monyet. (Foto: Getty Images/JUN LI)

Tidak seperti kasus baru sebelumnya, pasien ketiga cacar monyet atau Mpox di DKI Jakarta memiliki riwayat perjalanan dari luar negeri, yakni China. Pasien juga teridentifikasi positif Mpox, berinisiatif mendatangi fasilitas kesehatan pasca mengeluhkan gejala khas Mpox.

"Betul, ada penambahan kasus baru Mpox terkonfirmasi 19 Oktober," demikian sebut Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Maxi Rein Rondonuwu, kepada detikcom Kamis malam (19/10).

Pasien merupakan laki-laki berusia 28 tahun yang semula tidak mengeluhkan lenting maupun lesi, tetapi gejala demam.

"Adapula mual, ada lesi kulit di daerah genital, sakit menelan, sakit otot menggigil," sambungnya.

Berdasarkan penelusuran epidemiologi, pasien juga tidak memiliki hubungan langsung dengan kasus kedua Mpox di DKI.

"Sementara ini tidak ada hubungan dengan kasus kedua dan pernah riwayat ke luar negeri China," sambungnya.

Beda Lesi karena Mpox

Tidak sedikit yang kemudian mempertanyakan bagaimana bedanya lesi karena Mpox dan infeksi menular seksual lain lantaran sama-sama bisa muncul di area kemaluan.

Menurut dr Robert Sinto, SpPD, KPTI Divisi Penyakit Tropik dan Infeksi KSM Ilmu Penyakit Dalam dari RSCM, tidak ada cara lain untuk membedakannya selain melakukan tes di fasilitas kesehatan. Nantinya, akan dilakukan pemeriksaan PCR untuk melihat pemicu dari lenting maupun lesi tersebut, hasilnya diperkirakan keluar dalam hitungan menit.

Mengutip sebuah penelitian, dr Robert menjelaskan sekitar 30 persen pasien yang didiagnosis Mpox ternyata juga memiliki penyakit infeksi menular seksual lain, seperti gonore hingga sifilis.

Artinya, diperlukan pemeriksaan penunjang untuk mengetahui penyebab gejala lesi pada pasien.

"Jadi artinya, setiap kali kita ketemu yang mencurigai gambar kelainan kulitnya, maka jangan segan untuk melakukan pemeriksaan. Karena pemeriksaan itulah kita baru bisa mengetahui oh ini sifilis saja, oh ini sifilis plus mpox, sehingga kita bisa yakin yang terjadi pada pasien," pungkasnya.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kronologi Pasien Ke-3 Positif Mpox di DKI, Sempat Ada Riwayat Perjalanan ke China"