Hagia Sophia

21 December 2023

Karena Penyakit 'Stiff Person Syndrome', Celine Dion Tak Bisa Kontrol Ototnya

Celine Dion idap stiff person syndrome. (Foto: YouTube/CelineDion)

Kondisi kesehatan Celine Dion diungkap pihak keluarga. Setelah satu tahun setelah didiagnosis mengidap stiff person syndrome, penyanyi tersebut tidak dapat lagi mengontrol gerakan tubuh tertentu.

"Dia tidak memiliki kendali atas ototnya," kata saudara perempuannya Claudette Dion dikutip dari E! Online.

"Yang membuat saya patah hati adalah dia selalu disiplin. Dia selalu bekerja keras. Ibu kami selalu mengatakan kepadanya, 'Kamu akan melakukannya dengan baik, kamu akan melakukannya dengan benar'," sambungnya.

Pada bulan Mei, Celine membatalkan Tur Dunia karena kelainan neurologis langka, yang dapat menyebabkan kejang dan kekakuan otot yang menyakitkan.

Menurut Claudette, saudara perempuan mereka Linda telah tinggal bersama Celine di daerah Las Vegas saat dia menerima perawatan dari dokter spesialis sindrom orang kaku.

Kondisi Celine yang bersifat progresif dan tidak dapat disembuhkan menyebabkan tubuh menyerang sel sarafnya sendiri dan berdampak buruk pada mobilitas. Dikutip dari laman Rare Disease, Stiff person syndrome (SPS) adalah kelainan neurologis langka yang paling sering menyebabkan kekakuan otot progresif (kekakuan) dan episode kejang otot yang menyakitkan berulang kali.

Kekakuan otot sering berfluktuasi (yaitu bertambah buruk dan kemudian membaik) dan biasanya terjadi bersamaan dengan kejang otot. Kejang dapat terjadi secara acak atau dapat dipicu oleh berbagai kejadian atau keadaan yang berbeda, termasuk suara bising yang tiba-tiba, kontak fisik ringan, atau saat terkena suhu dingin.

Tingkat keparahan dan perkembangan penyakit ini bervariasi dari satu orang ke orang lain. Jika tidak ditangani, SPS berpotensi menyebabkan kesulitan berjalan dan berdampak signifikan pada kemampuan seseorang untuk melakukan tugas rutin sehari-hari.

Meskipun penyebab pasti tidak diketahui, penyakit ini diperkirakan merupakan kelainan autoimun dan terkadang terjadi bersamaan dengan kelainan autoimun lainnya.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Celine Dion Tak Bisa Kontrol Ototnya Imbas Penyakit Stiff Person Syndrome"