Hagia Sophia

10 January 2024

Ini Efeknya Bila Tuba Falopi Diangkat Seperti yang Dilakukan Model Onlyfans

Foto: iStock

Model OnlyFans, Coco (36), blak-blakan mengangkat saluran tubanya karena khawatir hamil saat melakoni pekerjaannya. Awalnya dia berencana untuk mengikat saluran tubanya, namun ketika mengunjungi tim medis, dia memutuskan untuk mengangkat saluran tubanya.

"Awalnya, saya ingin mengikat (saluran tuba), tetapi dokter menyarankan bahwa ada beberapa penelitian yang mengatakan bahwa ada risiko lebih kecil untuk kanker tertentu jika Anda menghilangkannya seluruhnya, yang saya bahkan tidak tahu bahwa itu adalah sebuah pilihan. Jadi saya mengambilnya," katanya dikutip dari NYPost.

Tuba falopi adalah bagian dari sistem reproduksi wanita yang memiliki peran penting dalam proses pembuahan dan menstruasi. Saluran yang menghubungkan antara ovarium dan rahim ini memiliki panjang sekitar 10-13 cm.

Tuba falopi berfungsi sebagai tempat berjalannya sel telur dari ovarium menuju rahim saat ovulasi. Selain itu, saluran ini juga berguna sebagai tempat pertemuan sel telur dengan sperma saat proses pembuahan.

Efek jika tuba falopi diangkat

Laman Mayo Clinic menjelaskan ligasi tuba atau dikenal sebagai pengikatan tuba atau sterilisasi tuba adalah salah satu jenis alat kontrasepsi permanen. Selama ligasi tuba, saluran tuba dipotong, diikat atau diblokir untuk mencegah kehamilan secara permanen.

Ligasi tuba mencegah sel telur bergerak dari ovarium melalui saluran tuba dan menghalangi sperma naik ke saluran tuba menuju sel telur.

Efek tuba falopi diangkat permanen adalah mencegah terjadinya kehamilan sehingga wanita tak lagi memerlukan alat kontrasepsi. Namun pengangkatan tuba falopi tidak mencegah infeksi menular seksual.

Ligasi tuba adalah operasi yang melibatkan pembuatan sayatan di perut yang membutuhkan anestesi. Risiko yang terkait dengan ligasi tuba meliputi:
  • Kerusakan pada usus, kandung kemih atau pembuluh darah utama
  • Reaksi terhadap anestesi
  • Penyembuhan luka atau infeksi yang tidak tepat
  • Nyeri panggul atau perut yang berkelanjutan
  • Kegagalan prosedur, mengakibatkan kehamilan yang tidak diinginkan di kemudian hari



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Efek Jika Tuba Falopi Diangkat, Dijalani Model OnlyFans Biar Tak Hamil"