Hagia Sophia

10 January 2024

Beberapa Makanan Ini Bisa Hancurkan Kista Rahim Secara Alami

Ilustrasi kista rahim atau ovarium. (Foto: Getty Images/fotostorm)

Makanan yang bisa menghancurkan kista rahim perlu diketahui agar bisa mengendalikan hormon penyebab pembentukan kista. Menerapkan pola makan yang sehat merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kista rahim secara alami. Faktanya, ada beberapa makanan tertentu yang diyakini orang-orang sebagai makanan penghancur kista rahim.

Sebenarnya, apa itu kista rahim? Kista rahim atau kista ovarium adalah kantung berisi cairan yang terdapat pada permukaan indung telur atau ovarium. Normalnya, kondisi ini terjadi secara alami saat proses pelepasan sel telur dari ovarium (ovulasi). Ketika tidak terjadi pembuahan, kista biasanya akan mengecil dan hilang dengan sendirinya bersamaan dengan keluarnya darah menstruasi.

Tapi pada beberapa kasus, kista rahim dapat terus berkembang hingga ukurannya menjadi besar dan menimbulkan ketidaknyamanan. Pada kondisi ini, kista rahim tidak bisa hilang dengan sendirinya dan harus diangkat melalui prosedur operasi.

Makanan Penghancur Kista Rahim

Untuk mencegah ukuran kista rahim bertambah besar, salah satunya bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan penghancur kista rahim. Disebut demikian karena makanan-makanan tersebut mengandung senyawa dan nutrisi yang dapat meredakan gejala kista dan mengendalikan hormon yang menyebabkan pertumbuhan kista. Apa saja makanan tersebut?

1. Makanan berserat
Kelebihan hormon estrogen merupakan salah satu penyebab kista rahim. Kelebihan estrogen dapat terjadi baik karena produksi hormonnya yang terlalu berlebihan, atau minimnya jumlah hormon progesteron untuk menyeimbangkan kadar estrogen dalam tubuh.

Mengonsumsi makanan berserat dapat membantu mengurangi jumlah hormon estrogen dalam tubuh, sehingga mengurangi risiko kista rahim berkembang. Adapun jenis makanan berserat yang dapat dikonsumsi seperti sayur, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan lain sebagainya.

2. Makanan yang mengandung magnesium
Studi yang dilakukan pada 2015 menemukan asupan magnesium dapat membantu melawan gejala sakit akibat kista rahim. Selain dari suplemen, magnesium juga dapat diperoleh dari makanan seperti kacang almond, biji chia, dan biji buah labu.

3. Asam lemak omega-3
Mengonsumsi makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 seperti daging ikan, flaxseed, dan biji chia dapat membantu mengurangi peradangan dan menyeimbangkan hormon dalam tubuh. Riset juga menunjukkan asam lemak omega-3 dapat meningkatkan kondisi kesehatan wanita yang mengidap polycystic ovarian syndrome atau sindrom ovarium polikistik (PCOS).

4. Makanan kaya vitamin D
Makanan yang mengandung vitamin D tinggi seperti daging ikan, putih telur, dan produk susu yang difortifikasi (penambahan untuk meningkatkan zat gizi tertentu) dipercaya dapat membantu mengurangi gejala yang disebabkan oleh kista rahim.

5. Makanan dengan properti antiperadangan
Makanan seperti kunyit, jahe, dan bawang putih mengandung senyawa yang dapat membantu mengurangi peradangan, yang mana dikaitkan sebagai penyebab terbentuknya kista rahim.

6. Protein rendah lemak
Peradangan juga bisa dipicu oleh makanan yang berlemak tinggi. Untuk mengurangi risiko terjadinya peradangan yang bisa menyebabkan kista rahim, konsumsilah sumber protein yang rendah lemak seperti daging ikan, ayam, dan tahu. Selain mengurangi risiko terjadinya peradangan, makanan-makanan tersebut juga dapat membantu menyeimbangkan hormon dan menjaga berat badan tetap ideal meski sedang sakit.

7. Makanan dengan Indole-3 carbinol
Makanan yang kaya akan Indole-3 carbinol (I3C) dapat membantu tubuh melepaskan estrogen sehingga menghilangkan kelebihan hormon. Senyawa ini dapat diperoleh dari makanan seperti kubis, kembang kol, brokoli, dan kubis brussel.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "7 Makanan yang Bisa Menghancurkan Kista Rahim Secara Alami"