Hagia Sophia

15 January 2024

Ini yang Membuat Banyak Orang Terbangun pada Pukul 3 atau 4 Pagi

Ilustrasi terbangun dini hari (Foto: Getty Images/iStockphoto)

Terbangun tanpa direncanakan pada pukul tiga atau empat pagi banyak dialami oleh orang di dunia ini. Ternyata ada alasan mengapa banyak orang terbangun pada waktu tersebut.

Hal ini dijelaskan oleh Greg Murray, Direktur Pusat Kesehatan Mental dari Universitas Teknologi Swinburne, Australia. Menurutnya, stres bisa menjadi salah satu alasan tidak langsung di balik fenomena gangguan tidur tersebut terjadi. Greg menyebut fenomena ini sebagai perenungan awal terkait stres seperti dilansir detikINET dari IFL Science, Sabtu (31/1/2024).

"Kita benar-benar bangun berkali-kali setiap malam dan tidur nyenyak di paruh kedua malam. Ketika tidur nyenyak, kita sama sekali tidak menyadari untuk terbangun, tetapi akibat sedikit stres dan ada peluang bagus bahwa kita akan terbangun dan sepenuhnya dalam kondisi sadar," ungkapnya.

Selain itu, ada hal lain juga menjadi penyebab kenapa orang dapat terbangun di pukul tiga ataupun empat pagi. Hal tersebut adalah kekurangan udara segar yang menurunkan kualitas tidur seseorang dan membuatnya terbangun secara otomatis.

"Bangun dan khawatir pada jam 3 pagi sangat dimengerti dan sangat manusiawi," tambahnya.

Stephanie Romiszewski, seorang ahli fisiologi tidur dan direktur Klinik Sleepyhead menyarankan agar orang tidak tidur sampai rasa kantuk datang agar tidak terbangun di tengah malam dan tidak ada masalah tidur.

"Bangun pada waktu yang sama setiap hari dan jangan tidur sampai Anda merasa mengantuk," Ungkap Stephanie.

Ia juga menambahkan bahwa fenomena bangun di pukul tiga dan empat pagi disebabkan oleh jam tidur orang pada waktu yang sama di setiap harinya.

"Satu penjelasan yang mungkin untuk bangun pada waktu yang sama setiap malam adalah bahwa Anda tidur pada waktu yang sama dan kemudian pada waktu yang sama setiap malam Anda mencapai tahap tidur yang ringan dan bangun," tambahnya.

Hal lain mengenai bangun tak terencana di waktu dini hari juga dijelaskan oleh Michael K. Scullin, profesor psikologi dan ilmu saraf di Baylor University di Texas. Menurutnya, manusia bisa terbangun secara otomatis pada pukul 3 dan 4 karena mimpi kecemasan.

Walau begitu, ia menyarankan agar orang yang mengalami fenomena tersebut menyimpan catatan di samping tempat tidur dan mencatat apa saja hal yang harus dilakukan di masa depan sebelum tidur untuk menghindari kecemasan hingga terbangun.

"Ketika orang bangun pada malam hari, hal yang terlintas dalam pikiran yang mungkin membuat mereka khawatir biasanya cukup dapat diprediksi," ujarnya.



























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Ini Sebabnya Orang Terbangun Pukul 3 dan 4 Pagi, Terkait Stress"