Hagia Sophia

15 January 2024

Beberapa Makanan Berikut Ini Kaya Akan Vitamin D3, Bisa Cegah Kanker

Ilustrasi vitamin D3. (Foto: Shutterstock)

Vitamin D3 merupakan salah satu jenis vitamin yang dibutuhkan untuk menunjang kesehatan tubuh. Berbeda dengan vitamin lainnya, vitamin D3 tidak bisa diproduksi secara alami oleh tubuh, dan harus mengandalkan sumber lain seperti dari makanan yang kaya vitamin D3.

Vitamin D3 merupakan salah satu jenis vitamin D yang dapat ditemukan pada beberapa jenis makanan. Manfaat vitamin D3 untuk tubuh cukup beragam. Salah satu yang utama adalah menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.

Tak hanya itu, vitamin D3 juga berperan dalam mencegah gangguan ginjal, mencegah penyakit infeksi pernapasan, meningkatkan kesehatan otak, hingga menurunkan risiko kanker.

Makanan yang Kaya Vitamin D3

Vitamin D3 berasal dari berbagai macam sumber. Tubuh bisa mendapatkan asupan vitamin D3 dari paparan sinar matahari, serta dengan mengonsumsi suplemen vitamin D3.

Selain itu, vitamin D3 juga bisa diperoleh dari makanan hewani. Apa saja? Dikutip dari berbagai sumber, berikut daftar makanan yang kaya akan vitamin D3.

1. Ikan Trout
Ikan trout merupakan salah satu jawara sumber vitamin D3. Sebab, dalam 100 gram daging ikan trout bisa mengandung hingga 635 IU vitamin D3, yang mana memenuhi 81 persen dari kebutuhan vitamin D3 harian.

Ikan trout juga mengandung protein, vitamin B3, B12, dan asam lemak omega-3 yang turut menunjang untuk kesehatan.

2. Ikan Salmon
Ikan salmon, terutama jenis salmon sockeye, merupakan salah satu sumber vitamin D3 terbaik. Pasalnya, per 100 gram daging ikan salmon bisa mengandung hingga 400 IU vitamin D3. Sementara, daging ikan salmon sockeye bisa mengandung sekitar 570 IU vitamin D3.

Selain itu, kandungan asam lemak omega-3 pada ikan salmon juga bermanfaat untuk menunjang kesehatan jantung, tulang, sendi, hingga otak. Tapi perlu diingat, ikan salmon berpotensi mengandung merkuri yang berbahaya bagi kesehatan sehingga konsumsinya harus dibatasi.

3. Ikan Tuna
Salah satu makanan yang paling kaya akan vitamin D3 adalah daging ikan tuna. Dikutip dari laman Metropolis India, mengonsumsi daging ikan tuna dapat memenuhi sekitar 40 persen kebutuhan vitamin D3 harian.

Sama seperti ikan salmon, ikan tuna juga kaya akan asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan.

4. Ikan Sarden
Ikan sarden termasuk sumber vitamin D3 yang cukup mudah untuk diperoleh. Bahkan dalam satu kaleng ikan sarden saja bisa mengandung hingga 200 IU vitamin D3.

Daging ikan sarden juga kaya akan protein, asam lemak omega-3, vitamin B12, E, magnesium, kalium, dan zinc. Kandungan tersebut membuat ikan sarden tak hanya bermanfaat untuk kesehatan tulang, tapi juga otot, jantung, hingga bahkan kehamilan.

5. Telur
Selain daging ikan, vitamin D3 juga dapat dengan mudah ditemukan pada telur. Satu butir telur mengandung sekitar 44 IU vitamin D3, atau 6 persen dari kebutuhan vitamin D3 harian.

Hanya saja, konsumsi telur untuk vitamin D3 perlu dibatasi sebab kuning telur memiliki kadar kolesterol yang cukup tinggi.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "5 Makanan yang Kaya Vitamin D3, Bantu Sehatkan Tulang dan Cegah Kanker"