Hagia Sophia

26 February 2024

Menurut Hasil Riset, Beberapa Kebiasaan Ini Bisa Perpanjang Umur

Foto: Getty Images/FG Trade

Terungkap delapan kebiasaan sederhana yang bisa meningkatkan peluang umur panjang menurut salah satu studi observasional. Para ilmuwan menggunakan data rekam medis dan kuesioner 719.147 orang yang terdaftar di Veterans Affairs Million Veteran Program MVP.

Itu adalah sebuah program penelitian kesehatan yang berpusat pada lebih dari satu juta veteran Amerika Serikat. Dirancang untuk membantu para peneliti mempelajari bagaimana gen, gaya hidup, pengalaman militer, dan paparan berdampak pada kesehatan dan kesejahteraan.

Xuan-Mai T. Nguyen, spesialis ilmu kesehatan di Departemen Urusan Veteran dan mahasiswa kedokteran tahun keempat di Carle Illinois College of Medicine di Illinois, mempresentasikan penelitian tersebut pada diskusi Nutrition 2023, pertemuan tahunan utama American Society for Nutrition di Boston, Massachusetts.

Delapan kebiasaan yang teridentifikasi adalah:
  • aktif secara fisik
  • tidak merokok
  • mengelola stres
  • menjaga pola makan yang baik
  • tidak rutin meminum alkohol secara berlebihan
  • menjaga kebersihan tidur yang baik
  • menjaga hubungan sosial yang positif
  • tidak mengalami kecanduan opioid

Kebiasaan apa yang dapat meningkatkan umur secara signifikan?

Data yang digunakan untuk penelitian ini dikumpulkan antara 2011 dan 2019. Data tersebut menampilkan para veteran AS berusia antara 40 dan 99 tahun. Lebih dari 30.000 peserta meninggal selama masa tindak lanjut.

"Kami melihat semua penyebab kematian dalam penelitian ini menggunakan model regresi bahaya proporsional cox dan umur panjang menggunakan metode multi-lifetable, menghitung umur panjang untuk veteran laki-laki dan veteran perempuan secara terpisah," jelas Nguyen.

Para veteran yang menerapkan delapan kebiasaan tersebut mengalami penurunan risiko kematian akibat sebab apa pun sebesar 13 persen dibandingkan dengan mereka yang tidak menerapkan satu pun dari delapan kebiasaan tersebut.

Studi tersebut menemukan pria yang melakukan delapan kebiasaan tersebut pada usia 40 tahun diperkirakan akan hidup rata-rata 24 tahun lebih lama dibandingkan pria yang tidak melakukan satu pun kebiasaan tersebut.

Sementara wanita yang menerapkan delapan kebiasaan tersebut pada usia 40 tahun akan hidup rata-rata 23 tahun lebih lama dibandingkan dengan mereka yang tidak menerapkan satu pun kebiasaan tersebut.

"Para veteran yang berkomitmen terhadap perubahan moderat menuju gaya hidup yang lebih sehat selama usia paruh baya dapat memperpanjang harapan hidup mereka," tegas Nguyen kepada Medical News Today.

Para peneliti menemukan aktivitas fisik yang rendah, penggunaan opioid, dan merokok memiliki dampak terbesar pada umur seseorang. Selama masa penelitian, kebiasaan ini dikaitkan dengan risiko kematian 30 hingga 45 persen lebih tinggi.

Stres, minum alkohol berlebihan, pola makan yang buruk, dan kebersihan tidur yang buruk dikaitkan dengan peningkatan risiko kematian sekitar 20 sampai 30 persen selama masa penelitian. Sebagai perbandingan, kurangnya hubungan sosial yang positif dikaitkan dengan peningkatan risiko kematian sebesar 5 persen.

Kesehatan mental kemungkinan besar berperan dalam harapan hidup.

"Sebelumnya kami tidak pernah mengukur bagaimana hidup dengan kecemasan atau depresi dikaitkan dengan kematian. Melalui penelitian ini, kami mengetahui bahwa hal ini dikaitkan dengan 8 persen kematian dini. Studi ini dan temuan kami telah membuat kami memikirkan kembali bagaimana kami dapat mengarahkan penelitian di masa depan untuk memasukkan faktor psikososial dengan lebih bermakna," kata Nguyen.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "8 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Perpanjang Usia 24 Tahun Menurut Riset"