Hagia Sophia

02 April 2024

Terkait Gerhana Matahari Total, Kanada Umumkan Keadaan 'Darurat'

Foto: (iStock)

Dalam satu pekan ke depan, Gerhana Matahari Total akan membuat gelap gulita sebagian wilayah Bumi. Kanada pun telah mengumumkan 'keadaan darurat' jelang peristiwa alam itu terjadi pada 8 April 2024.

Kanada menjadi salah satu negara yang akan terdampak Gerhana Matahari Total kali ini. Air terjun Niagara berada di jalur saat detik-detik Matahari tertutup piringan Bulan.

Destinasi wisata air terjun Niagara dikombinasikan Gerhana Matahari Total menjadi tempat terbaik mengamati fenomena alam langka tersebut. Diperkirakan ada satu juta yang menyambangi lokasi wisata tersebut.

Dikutip dari Business Insider, Senin (1/4/2024) wilayah Niagara telah mengumumkan keadaan darurat sebagai persiapan bagi sekitar satu juta pengunjung yang turun ke lokasi untuk menyaksikan Gerhana Matahari Total 8 April 2024.

Jim Bradley selaku Ketua Wilayah Niagara mengatakan pengumuman keadaan darurat ini sebagai bentuk kehati-hatian pihak otoritas setempat dalam mempersiapkan peristiwa sekali seumur hidup tersebut.

"Sorotan akan tertuju pada Niagara karena pengunjung bergabung dengan kami untuk ikut serta dalam acara sekali seumur hidup, dan kami siap untuk bersinar," ucapnya.

Walikota Air Terjun Niagara di Ontario, Jim Diodati, memperkirakan hingga satu juta orang akan berada di Air Terjun Niagara pada momen Gerhana Matahari Total. Adapun, selama setahun, destinasi wisata ini bisa menarik 14 juta pengunjung.

Untuk mengantisipasi lonjakan serbuan orang-orang ini, Kanada akan memperkuat layanan pendukung di kawasan Air Terjun Niagara, mulai dari soal kesehatan dan keselamatan, serta melindungi infrastruktur penting menghadapi berbagai skenario yang akan terjadi nanti.

Operator seluler setempat, T-Mobile, menyatakan akan menambah kapasitas jaringannya agar layanan telekomunikasi miliknya tidak mendadak lemot saat pengunjung menyerbu Air Terjun Niagara.

Sementara itu, diperkirakan pula ada 30 juta orang di Amerika Serikat yang menyaksikan Gerhana Matahari Total pada 8 April 2024.

Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) memperkirakan Gerhana Matahari Total akan menyuguhkan kejadian spektakuler karena banyak aktivitas matahari.

Adapun hal ini menjadi peristiwa yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Mengingat Gerhana Matahari Total baru akan terjadi di wilayah AS pada tahun 2044 dan 2045.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Jelang Gerhana Matahari Total, Kanada Umumkan Keadaan 'Darurat'"