Hagia Sophia

02 April 2024

Kapankah Waktu Terbaik Minum Kopi Saat Puasa? Saat Sahur atau Buka Puasa?

Foto: Getty Images/Stanislav Sablin

Minum kopi sudah menjadi hal wajib yang dilakukan setiap hari bagi sebagian orang. Bahkan beberapa orang akan mengawali hari dengan minum kopi supaya lebih semangat dalam menjalani harinya.

Dilansir dari detikHealth (27/3/2023), kopi dapat memberikan semangat karena kafein dalam kopi adalah zat yang membuat tubuh lebih terjaga dan penuh energi.

Ini terjadi karena kafein menghentikan pesan lelah yang dikirim ke otak dari adenosin. Sebaliknya, kafein meningkatkan zat lain yang membuat kita merasa bersemangat, seperti dopamin.

Namun yang menjadi masalah bagi para peminum kopi adalah ketika puasa saat bulan Ramadan tiba. Waktu meminum kopi akan berubah. Lantas, kapan sebaiknya waktu minum kopi terbaik di saat puasa? Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Waktu Minum Kopi Terbaik Saat Berpuasa

Sebenarnya minum kopi aman saja dilakukan kapanpun. Seperti yang dikatakan oleh seorang ahli gizi dari Universitas Indonesia, Beta Sindiana Dewi, bahwa meminum kopi saat buka puasa aman-aman saja dengan catatan kondisi perut tidak kosong.

Selain meminum kopi saat perut telah terisi, beliau juga menyarankan untuk mengimbangi dengan air putih dan membatasi minum kopi per harinya yakni maksimal 450 miligram atau setara dengan empat cangkir kopi.

Minum Kopi Saat Berbuka

Masih dengan Beta Sindiana Dewi, Ahli Gizi dari Universitas Indonesia, beliau menjelaskan boleh meminum kopi saat berbuka puasa tapi beliau merekomendasikan untuk meminum air putih dan makanan manis terlebih dahulu. Barulah boleh meminum kopi setelah agak malam atau sesudah salat tarawih.

Beliau juga menyebut, kopi saat berbuka disebutnya bermanfaat karena bisa menstabilkan kembali level gula darah yang turun selama seseorang berpuasa.

Dilansir dari Info Sehat FKUI (20/4/2021) minum kopi setelah berbuka puasa juga bisa meningkatkan konsentrasi dan energi kita untuk nantinya shalat tarawih dan beribadah malam.

Minum Kopi Saat Sahur

Jika kita mencari manfaat meminum kopi saat sahur, tentu terdapat manfaatnya. Ahli gizi Universitas Indonesia, Beta Sindiana Dewi, mengatakan minum kopi saat sahur dapat meningkatkan energi sebagai persiapan puasa satu hari penuh.

Akan tetapi meminum kopi saat sahur juga perlu dipertimbangkan kembali. Dilansir dari Info Sehat FKUI pakar kesehatan menjelaskan minum kopi saat sahur bisa memberi efek buruk pada ketersediaan air tubuh selama berpuasa.

Hal ini terjadi karena kafein yang ada di dalam tubuh bisa melemahkan kandung kemih dan membuat kita akan sering buang air kecil terus. Efeknya bisa dehidrasi dan haus selama berpuasa

Dr. Diana Felicia Suganda, M Kes, SpGk. pada detikHealth (27/3/2023) mengatakan boleh saja meminum kopi saat sahur tetapi wajib diimbangi dengan air putih yang cukup. Misalnya setelah kita minum kopi kemudian kita juga meminum dua gelas air putih agar seimbang.

Nah itu dia ulasan mengenai pembahasan waktu terbaik untuk meminum kopi saat puasa yaitu agak malam setelah berbuka puasa.

Pastikan meminum kopi dalam keadaan perut terisi dan penting untuk memastikan kondisi lambung baik-baik saja saat minum kopi di bulan puasa. Semoga bermanfaat.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kapan Waktu Terbaik Minum Kopi saat Ramadan, Waktu Berbuka Puasa atau Sahur?"