Hagia Sophia

02 April 2024

Selain untuk Masakan, Ini Manfaat Lainnya Kunyit Putih untuk Kesehatan

Foto: Kunyit putih (Yercaud elango/wikimedia commons)

Kunyit putih (curcuma zedoaria) biasanya digunakan sebagai bumbu dapur bersama jahe dan kunyit biasa (curcuma domestica) untuk membuat kari. Rempah ini mempunyai bau dan warna yang khas.

Tak hanya itu, kunyit putih juga ternyata memiliki sejumlah manfaat penting bagi kesehatan. Biasanya kunyit ini digunakan sebagai bahan dari ramuan dalam pengobatan tradisional. Lantas, apa saja manfaat yang bisa didapat dari kunyit putih?

Manfaat Kunyit Putih

Sejumlah manfaat kunyit putih di antaranya baik untuk pencernaan, otak, kulit hingga melindungi tubuh dari penyakit kronis. Begini penjelasannya.

1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan
Mengutip Netmeds, kunyit putih sering digunakan untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan usus serta meningkatkan kesehatan pencernaan. Minyak atsirinya mengandung sifat penyembuhan yang kuat untuk mengobati sakit perut, gangguan pencernaan, sembelit, cacingan, hingga perut kembung.

2. Melawan Peradangan
Sifat antiinflamasi dari kunyit putih bermanfaat untuk mengurangi peradangan. Kandungan ini membantu pembuangan zat beracun dalam tubuh dan kelebihan cairan di persendian, mengurangi rasa sakit, serta dapat bermanfaat untuk orang yang menderita radang sendi dan rematik.

3. Meningkatkan Fungsi Otak
Kunyit putih juga memberikan dampak positif terhadap fungsi otak. Menurut laman UMSU, senyawa aktifnya bisa membantu meningkatkan aliran darah ke otak dan meningkatkan fungsi kognitif, seperti memori dan konsentrasi.

4. Meredakan Sakit karena Menstruasi
Para wanita, yang merasakan nyeri karena menstruasi dapat mengkonsumsi kunyit putih. Senyawa di dalam kunyit putih dapat mengurangi kram dan nyeri selama menstruasi.

5. Meningkatkan Kesehatan Kulit
Sifat alami kunyit putih yang menenangkan dapat mengoptimalkan kesehatan dan kecantikan kulit. Jika digunakan secara rutin, kunyit putih bisa menyembuhkan berbagai masalah kulit seperti jerawat dan bintik hitam, serta memperlambat tanda-tanda penuaan.

6. Mencegah Diabetes
Berkat kandungan kurkuminnya, kunyit putih dapat mencegah diabetes. Mengutip laman Pemprov Jambi, kurkumin mempunyai sifat antiinflamasi dan antioksidan yang dapat membantu mencegah resistensi insulin, kadar gula darah yang naik, dan akumulasi lemak tubuh. Hal ini membuat kunyit putih memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh, terutama masalah gula darah dan lemak tubuh.

7. Melindungi Tubuh dari Stres Oksidatif
Menurut beberapa penelitian, kunyit putih mempunyai tingkat antioksidan tinggi dan efek antiradang. Sehingga, kunyit putih dapat melindungi tubuh dari penyakit kronis karena radikal bebas.

Beberapa senyawa antioksidan yang terkandung dalam kunyit putih di antaranya adalah fenol, tanin, flavonoid, dan saponin. Senyawa-senyawa tersebut berperan penting dalam memberi efek protektif serta mengurangi dampak kerusakan akibat radikal bebas pada tubuh.

8. Mencegah Gigitan Nyamuk
Minyak dalam kunyi putih mempunyai efek alami untuk membasmi nyamuk, terutama Aedes aegypti dan Anopheles dirus. Sehingga penyakit demam berdarah dan malaria dapat dicegah dengan minyak ini.

9. Anti Kanker
Kunyit putih diyakini bisa membantu proses penyembuhan penyakit kanker, sebab mengandung senyawa ethyl pmethocyvinnate, kukuminoid, bisdemothxycurcumin, demothxycurcumin, serta flavonoid. Meski begitu keefektivitasan kunyit putih untuk mengatasi penyakit kanker ini perlu ditinjau lebih lanjut.

10. Antimikroba dan Jamur
Kunyit putih dipercaya bisa mengurangi jumlah mikroba dalam mulut. Keefektifan kunyit dalam hal ini sama dengan produk obat kumur. Tak hanya itu, ekstrak dari kunyit putih juga diyakini bisa menghambat aktivitas jamur pada tubuh manusia.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "10 Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan, Tak Hanya untuk Masakan"