Hagia Sophia

12 September 2022

Wanita Ini Terinfeksi COVID-19 dan Stevens Johson Syndrome Sekaligus

detikcom


Viral perjuangan wanita 22 tahun asal Bekasi sembuh dari dua infeksi sekaligus yakni COVID-19 dan stevens johnson syndrome. Terlihat perubahan signifikan di bagian wajah dan sekujur tubuh yang semula dipenuhi ruam.

"Ternyata perjuangan hidupku keren banget," tutur Afina dalam TikTok pribadinya, dikutip detikcom Senin (12/9/2022).

Luka di bibir yang sempat menghitam, kini sudah mengelupas dan kembali sehat seperti sebelum terkena dua penyakit tersebut. "Bekas-bekasnya masih ada di steven johnson syndrome aku, cuma alhamdulillah di muka sudah hilang tapi tuh masih banyak (bekasnya)," cerita dia.

Beberapa waktu lalu, saat pertama kali terpapar stevens johnson syndrome, wanita bernama lengkap Afina Syifa itu menjelaskan gejala di kondisi tubuhnya semula muncul usai dirinya terpapar COVID-19.

Pasalnya, ia langsung berinisiatif untuk meminum obat panadol dan fluimucil. Sayangnya, setelah meminum obat tersebut, Afina mendadak merasakan gejala tak enak hingga dilarikan ke RS.

"Dan ternyata langsung lah ada mata berair, terus ruam-ruam di wajah, terus bibir aku langsung bengkak. Tapi akhirnya aku langsung ke Islam Bandung gitu. Ternyata dibilang yaudah isoman aja karena aku COVID, di ronsen juga biasa aja, cek lab biasa aja, yaudah akhirnya aku pulang. Setelah pulang tangan tu kayak gini melepuh, nggak bisa jalan, jadi kaki aku juga begini merah-merah, aku nggak bisa jalan," cerita dia beberapa waktu lalu.

Beberapa netizen mengagumi perjuangan Afina yang kini sudah jauh lebih baik. Bahkan, nyaris tak ada sisa luka di sekujur wajah Afina.

"Keren bgt, bukan siapa2nya tp ikutan bangga :")," komentar salah satu netizen.

"Dulu ngikutin dari awal sekarang sudah membaik ya Alhamdulillah," timpal yang lain.





















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Viral Wanita Bekasi Kena COVID-19 dan Stevens Johnson Syndrome Sekaligus"