Hagia Sophia

05 March 2023

Tips untuk Hilangkan Lemak Perut yang Membandel

Foto: iStock/InspirationGP

Lemak perut kerap membuat rasa percaya diri menurun. Perut jadi tampak buncit, bergelambir, dan tidak enak dilihat, terlebih bagi Anda yang sering menggunakan pakaian ketat.

Bagaimana cara menghilangkan lemak perut dengan alami?

Menghilangkan lemak dari sekitar perut sudah menjadi tujuan yang kerap dimiliki sebagian besar orang. Selain mengganggu penampilan, lemak perut juga berhubungan dengan penyakit diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Produsen banyak pil, minuman, dan suplemen khusus mengklaim bahwa produknya dapat menurunkan berat badan dengan cepat atau menghilangkan lemak perut. Namun, ada kekurangan bukti ilmiah untuk memastikan bahwa produk-produk ini aman atau efektif untuk dikonsumsi.

Maka dari itu, Anda dapat membasmi lemak perut melalui metode alami yang telah terbukti khasiatnya, termasuk mengimbangi pola makan dan berolahraga secara teratur.

Melansir berbagai sumber, berikut beberapa cara menghilangkan lemak perut dengan alami.

1. Konsumsi makanan rendah kalori
Salah satu cara paling efektif untuk menghilangkan lemak tubuh adalah makan lebih sedikit kalori daripada yang dibakar tubuh. Hal ini akan berujung pada hilangnya lemak di seluruh tubuh, termasuk lemak di sekitar perut.

Makan lebih sedikit kalori daripada yang digunakan tubuh dapat menciptakan defisit kalori yang akan membantu membakar lemak visceral dan lemak subkutan berlebih. Tak hanya itu, makanan rendah kalori seringkali lebih bergizi daripada makanan berkalori tinggi.

2. Kurangi minuman manis
Mengonsumsi gula berlebih menjadi pendorong utama kenaikan berat badan, terutama di area perut.

Melansir Medical News Today, asupan gula yang tinggi dapat meningkat kadar lemak visceral dengan meningkatkan resistensi insulin dan memicu peradangan di seluruh tubuh.

3. Kurangi karbohidrat olahan
Karbohidrat olahan memiliki nilai gizi yang rendah namun termasuk ke dalam makanan tinggi kalori. Karbohidrat jenis ini ada dalam roti putih, biji-bijian olahan, serta makanan dan minuman manis. Penelitian juga mengaitkan karbohidrat olahan dengan perkembangan lemak di sekitar perut.

4. Banyak makan buah dan sayuran
Buah dan sayuran dapat menyediakan karbohidrat kompleks, yang merupakan alternatif sehat dan rendah kalori dari karbohidrat olahan.

Buah-buahan dan sayuran juga menambahkan serat ke dalam makanan. Penelitian menunjukkan bahwa serat dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2, penyakit yang terkait dengan akumulasi lemak visceral dan kelebihan berat badan, dan membantu mengatur gula darah.

5. Konsumsi makanan berprotein tinggi
Sumber protein tanpa lemak termasuk kacang-kacangan, polong-polongan, dan daging tanpa lemak. Menambahkan sumber protein ini ke dalam pola makan Anda dapat membantu mendorong perasaan kenyang setelah makan dan mengurangi keinginan untuk ngemil yang manis-manis.

Pada saat yang sama, mengonsumsi protein tanpa lemak dapat membantu mengurangi atau menghilangkan konsumsi daging berlemak, termasuk daging sapi dan daging olahan.

6. Pilih lemak sehat
Sejumlah lemak makanan diperlukan dalam pola makan sehat. Namun perlu diingat, semua sumber lemak bermanfaat dengan cara yang sama.

Lemak jenuh dan lemak trans bisa membahayakan jantung, meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Jenis-jenis lemak tersebut juga dapat menyebabkan penambahan berat badan dan terkait erat dengan perkembangan lemak visceral.

Mengonsumsi lemak sehat justru dapat membantu mengurangi lemak tubuh secara keseluruhan dan memiliki berbagai manfaat. Makanan berlemak tinggi yang sehat termasuk alpukat, biji chia, telur, ikan gendut, dan selai kacang dan kacang.

7. Mulai rutin berolahraga
Olahraga dapat menyebabkan penurunan berat badan di seluruh tubuh, termasuk di sekitar perut.

Mengurangi lemak tentu tidak mungkin bisa dilakukan di area tertentu saja. Artinya, melakukan latihan atau olahraga yang berfokus di otot perut seperti crunch atau sit-up belum tentu dapat membakar lemak perut lebih baik daripada olahraga lainnya.

Namun, latihan ini dapat memperkuat dan mengencangkan otot perut dan membuatnya tampak lebih langsing.

8. Tingkatkan aktivitas secara keseluruhan
Meningkatkan tingkat aktivitas sepanjang hari dapat membantu membakar kalori. Lebih banyak bergerak juga dapat memperkuat otot dan meningkatkan suasana hati.

Kiat untuk meningkatkan tingkat aktivitas harian bisa dilakukan dengan mengambil istirahat peregangan secara teratur saat duduk dalam waktu lama, menggunakan tangga daripada lift, berjalan kaki atau bersepeda daripada mengemudi atau naik angkutan umum, atau parkir kendaraan lebih jauh dari tujuan.

9. Kardio
Latihan kardiovaskular, atau kardio, bisa membuat jantung terpompa. Kardio juga membakar kalori, membantu mengurangi lemak tubuh dan mengencangkan otot.

Beberapa olahraga kardio termasuk berjalan sedang, berlari, bersepeda dan berenang.

10. Latihan interval intensitas tinggi
Latihan interval intensitas tinggi (HIIT) memadukan latihan intens dengan periode aktivitas yang kurang intens untuk membakar kalori. HIIT bisa melibatkan siklus berjalan selama 3 menit, lalu berlari selama 30 detik.

Penelitian di tahun 2011 menunjukkan bahwa HIIT dapat mengurangi lemak tubuh lebih efektif daripada jenis olahraga lainnya. HIIT juga bisa menjadi cara yang baik untuk melakukan rutinitas olahraga.

11. Latihan kekuatan otot
Latihan kekuatan otot efektif menurunkan berat badan karena berfokus pada pembentukan massa otot sehingga otot membakar lebih banyak kalori daripada lemak.

Latihan kekuatan otot juga dapat meningkatkan kesehatan tulang dan sendi, karena otot yang lebih kuat lebih mampu menopang tubuh, yang mengurangi ketegangan pada tulang dan persendian.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merekomendasikan melakukan latihan kekuatan otot 2 hari per minggu sebagai salah satu cara menghilangkan lemak perut dengan alami.
























Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul "11 Cara Alami Hilangkan Lemak Perut yang Membandel"