Hagia Sophia

05 March 2023

Tips untuk Cegah Kolesterol Tinggi

Foto: Thinkstock

Kolesterol merupakan zat yang terdapat di dalam tubuh untuk membangun sel-sel sehat. Namun, jika kadar kolesterol terlalu tinggi di dalam tubuh, kondisi ini bisa berisiko memicu sejumlah penyakit serius. Salah contohnya serangan jantung, kondisi ini terjadi karena kolesterol tinggi bisa menimbun lemak di pembuluh darah yang mengakibatkan aliran darah menjadi sulit.

Kolesterol tinggi sering dikaitkan dengan gaya hidup tidak sehat, seperti mengkonsumsi makanan berlemak, hingga merokok. Selain itu, bisa juga dikaitkan dengan beberapa kondisi tertentu, seperti mengidap diabetes, faktor genetik dan tekanan darah tinggi.

Kolesterol tinggi umumnya tidak menimbulkan gejala. Namun, penumpukan plak di beberapa bagian tubuh tertentu akibat kolesterol, bisa memicu keluhan kesehatan yang menjadi ciri-ciri kolesterol tinggi.

Dikutip dari WebMD, bahwa ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah kolesterol tinggi.

1. Menjaga Pola Makan

Makanan yang mengandung kolesterol, seperti makanan berminyak memang bikin nagih. Namun, kebiasaan mengonsumsi tersebut harus dibatasi guna meminimalisir masalah pada kesehatan. Selain gorengan, cobalah membatasi makanan seperti daging merah, hingga susu. Selain itu, kurangi juga mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula dan natrium.

2. Jaga Berat Badan

Kelebihan berat badan menjadi salah satu faktor yang bisa meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Karenanya, penting untuk menjaga berat badan agar tetap ideal, salah satunya dengan berolahraga.

Usahakan untuk berolahraga selama 30-60 menit tiap hari. Misalnya jogging, lari, bersepeda, atau berenang.

3. Berhenti Merokok

Merokok akan membuat kolesterol menempel pada dinding arteri. Hal tersebut dikarenakan adanya zat nikotin dalam rokok yang menghambat jalannya kolesterol ke hati untuk proses penyaringan. Akibatnya, kolesterol akan menumpuk dan menyebabkan penyumbatan darah.

4. Lakukan Pemeriksaan Kolesterol Rutin

Melakukan tes darah untuk mengetahui kadar kolesterol di dalam tubuh sangat penting dilakukan. Biasanya skrining kolesterol dilakukan setiap lima tahun. Akan tetapi, jika memiliki riwayat penyakit jantung dan diabetes, dianjurkan untuk melakukan tes lebih sering. Biasanya, waktu yang tepat untuk melakukan tes akan ditentukan pada dokter yang bersangkutan.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "4 Cara Mencegah Kolesterol Tinggi, Termasuk Menjaga Pola Makan"