Hagia Sophia

01 April 2023

Tips untuk Atasi Asam Lambung yang Naik Saat Puasa

Asam Lambung Naik saat Puasa? Begini Cara Mengatasinya Menurut Dokter (Foto: iStock)

Saat berpuasa, seseorang akan menahan lapar dan haus selama belasan jam. Salah satu keluhan yang kerap muncul yakni berkenaan dengan asam lambung naik. Lantas sebenarnya, bagaimana sih cara mengatasi keluhan asam lambung naik?

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan asam lambung naik saat berpuasa. Mulai dengan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, tidur setelah sahur, atau kebiasaan-kebiasaan lain yang memicu asam lambung naik. Tentunya, kebiasaan ini harus dihindari oleh orang yang mengidap asam lambung.

Gejala yang dirasakan saat asam lambung naik yang paling umum adalah adanya sensasi terbakar pada bagian ulu hati. Namun, pada kondisi ini juga bisa dirasakan hingga tenggorokan.

"Puasa itu penting ya buat kita, umat muslim ya terutama. Bagi penderita asam lambung, puasa itu menyembuhkan. Jadi saya punya beberapa pasien justru dengan berpuasa, itu penyakit asam lambungnya sembuh ya. Tapi kadang-kadang kambuh lagi setelah lebaran," kata dr Aru Ariadno, SpPD KGEH dari Rumah Sakit Brawijaya Depok saat ditemui detikcom, Selasa (21/3/2023)

Sebalknya, beberapa orang justru mengatakan asam lambungnya sembuh karena puasa. Pasalnya dengan berpuasa, terdapat perubahan pola makan dan gaya hidup. Walhasil, seseorang dapat makan secara teratur dan menghindari keinginan memakan cemilan yang tidak sehat.

Menurut dr Aru, orang yang mengidap asam lambung dapat mengikuti puasa. Namun, harus melakukan pemeriksaan dan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Hal ini berguna untuk mengetahui apa yang harus dilakukan saat menjalani puasa, bagaimana minum obat dengan baik dan benar, serta mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

"Jadi bagi orang-orang penderita asam lambung sepanjang tidak ada kelainan yang berat dianjurkan berpuasa," katanya

Menurut dr Aru, berikut cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi asam lambung naik:
  • Mengkonsumsi makanan berserat seperti buah dan sayur
  • Tidak mengkonsumsi makanan berlemak
  • Tidak mengkonsumsi makanan bersantan
  • Jangan terburu-buru saat makan
  • Makan dengan porsi kecil
  • Tidak berbaring setelah makan























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Asam Lambung Naik saat Puasa? Begini Cara Mengatasinya Menurut Dokter"