Hagia Sophia

01 April 2023

Ini Kata Menkes Usai Disomasi Tentang SKR Rp 6 Juta

Menkes Buka Suara usai Disomasi Buntut Sebut STR Rp 6 Juta (Foto: Agung Pambudhy)

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin angkat bicara soal somasi Forum Dokter Peduli Ketahanan Kesehatan Bangsa (PDPKKB). Buntut pernyataan surat tanda registrasi (STR) dan surat izin praktik (SIP) disebut mencapai Rp 6 juta.

Meski belum melihat detail somasi yang dilayangkan PDPKKB, Menkes mengaku sudah mengerahkan Kemenkes RI bagian biro hukum untuk mempelajarinya. Respons atas somasi tersebut disebut Menkes bakal segera dijawab dalam waktu dekat.

"Iya somasinya saya belum lihat sih, tapi teman-teman di Biro Hukum sedang mempelajari, nanti kita respons," tutur Menkes saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Jumat (31/3/2023).

Diberitakan sebelumnya, FDPKKB merasa keberatan dengan pernyataan STR Rp 6 juta lantaran biaya administrasi untuk penerbitan selama ini diklaim sebesar Rp 300 ribu. Menurut kuasa hukum forum Dokter tersebut, pernyataan Menkes memicu kegaduhan.

"(Menyampaikan somasi kepada Menkes) atas perbuatan, pernyataan, keterangan, atau informasi yang tidak benar terkait dengan membayar Rp 6 juta," ungkap kuasa hukum dari FDPKKB Muhammad Joni dalam konferensi pers di Jakarta Pusat, Selasa (28/3/2023).

"Dan kemudian terkait dengan SKP yang punya kamuflase versi Pak Menteri 140 dokter 4 SKP sehingga muncul angka lebih dari Rp 1 T. Hal itu kemudian menjadi sangat bias, bahkan cenderung ke pelanggaran hal hukum," sambungnya.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Menkes Buka Suara usai Disomasi Buntut Sebut STR Rp 6 Juta"