Hagia Sophia

01 April 2023

Berbagai Hal Tentang Tepung Tapioka dan Manfaatnya

Foto: iStock

Meski nama tepung tapioka sering didengar, belum tentu Anda tahu apa itu tepung tapioka. Sebab jenis tepung ini tidak sering digunakan untuk memasak sehari-hari, berbeda dengan tepung terigu.

Perbedaan secara umum antara tepung tapioka dan tepung terigu adalah bahan pembuatnya. Tepung tapioka dibuat dari umbi singkong, sedangkan tepung terigu dibuat dari gandum.

Di sini, kita akan ulas apa itu tepung tapioka, mulai dari bahan pembuatnya, kegunaannya untuk memasak, hingga manfaat bagi kesehatan.

Apa Itu Tepung Tapioka?

Dilansir dari laman Fakultas Pertanian Universitas Medan Area (UMA), tepung tapioka dibuat dari ekstrak umbi singkong, tetapi bukan tepung singkong. Tepung singkong lebih mudah dibuat, yakni diparut, dikeringkan dan dihaluskan.

Sedangkan tepung tapioka lebih lama pembuatannya. Yakni singkong yang sudah dikupas diparut, disaring menggunakan air, biarkan terendam hingga beberapa jam, lalu ambil sari-sarinya.

Tepung yang mengendap kemudian dikeringkan hingga menjadi tepung tapioka. Biasanya ada tambahan proses bleaching untuk menghasilkan warna lebih putih.

Tepung tapioka juga disebut tepung kanji atau tepung aci. Sifatnya mirip dengan tepung sagu, yaitu agak lengket dan kenyal. Orang Betawi menyebut tepung tapioka dengan sebutan tepung sagu, meski bahan pembuatnya berbeda.

Kandungan dan Kegunaan untuk Makanan

Tepung tapioka mengandung karbohidrat, rendah protein, lemak jenuh dan natrium. Kadar vitamin dan mineralnya tidak signifikan. Dilansir dari laman Kementerian Pertanian, dalam 100 gram tepung tapioka terkandung 362 kal, 0,59% protein, 3,39% lemak, 12,9% air, dan 6,99% karbohidrat.

Tepung kanji ini sering digunakan untuk perekat atau lem. Tapi tepung tapioka lebih sering digunakan untuk bahan pembuatan makanan. Sebut saja bakso, siomay, kolak biji salak, pempek, tekwan, kue moci dan aneka kue kering.

Di Jawa Barat, banyak jajanan yang dibuat dari tepung tapioka yang lebih dikenal sebagai aci. Misalnya cilok atau aci dicolok, cireng atau aci digoreng, cimol atau aci digemol, cilung atau aci digulung, dan juga batagor (bakso tahu goreng).

Manfaat Tepung Tapioka bagi Kesehatan

Tepung tapioka memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, salah satunya sebagai pengganti bahan tepung terigu yang mengandung gluten. Berikut ini 6 manfaat tepung tapioka yang dilansir dari Medical News Today.

1. Bebas Gluten
Sebagian orang menghindari gluten, yaitu bahan yang terkandung dalam gandum dan padi-padian. Tapioka secara alami bebas dari gluten, sehingga tidak menimbulkan reaksi atau alergi pada penderita penyakit autoimun celiac. Tepung tapioka cocok menjadi pengganti terigu untuk membuat kue di rumah.

2. Menambah Berat Badan
Jika Anda menginginkan berat badan bertambah, cobalah konsumsi makanan dari tepung tapioka. Bahan ini mengandung kalori dan karbohidrat, serta rendah lemak.

3. Mudah Dicerna
Tepung tapioka lebih lembut daripada tepung yang terbuat dari biji-bijian atau kacang-kacangan, sehingga lebih mudah dicerna.

Tapioka baik digunakan sebagai sumber kalori yang cocok untuk orang yang mengalami sindrom iritasi usus besar (IBS) dan divertikulitis.

4. Sumber Kalsium
Tepung tapioka juga mengandung sumber kalsium yang baik untuk tulang dan gigi. Beberapa fungsi lainnya adalah mendukung kontraksi dan pelebaran pembuluh darah dan otot, komunikasi antar saraf dan pembekuan darah.

5. Sumber Zat Besi
Konsumsi tapioka secara teratur bisa meningkatkan kadar zat besi. Untuk mengoptimalkan penyerapan zat besi dari tapioka, sebaiknya dikonsumsi dengan sumber vitamin C. Kekurangan zat besi dalam darah dapat menyebabkan anemia defisiensi besi.

6. Rendah Sodium
Tepung tapioka cocok bagi Anda yang diet garam karena rendah sodium atau natrium. Kelebihan natrium dalam tubuh dapat berisiko menyebabkan tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan stroke.

Nah, detikers sekarang sudah tahu kan apa itu tepung tapioka? Tepung ini berasal dari ekstrak umbi singkong dan banyak digunakan untuk berbagai jenis makanan.

Manfaatnya untuk kesehatan cukup banyak, mulai dari bebas gluten hingga sumber zat besi. Semoga informasi ini bermanfaat.

























Artikel ini telah tayang di food.detik.com dengan judul "Kenali Apa Itu Tepung Tapioka dan Manfaatnya, Cocok Buat Diet Gluten"