Hagia Sophia

30 November 2023

Antisipasi Pneumonia 'Misterius', Pemerintah Perketat Perjalanan dari China

Ilustrasi bandara. (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)

Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) bersiaga menyusul laporan adanya kasus undefined pneumonia atau pneumonia 'misterius' yang menyerang anak-anak di China. WHO mempublikasikan adanya sinyal undiagnosed pneumonia di ProMed pada 22 November 2023.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes dr Imran Pambudi mengatakan sejauh ini belum diketahui penyebab pasti kasus tersebut. Namun berdasarkan laporan epidemiologi, terjadi peningkatan kasus mycoplasma pneumoniae sebesar 40 persen. Mycoplasma merupakan penyakit penyebab umum infeksi pernapasan sebelum COVID-19.

Sebagai bentuk kesiapsiagaan pemerintah dalam mengantisipasi penularan pneumonia di Indonesia, Kementerian Kesehatan melalui Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit bergerak cepat dengan menerbitkan Surat Edaran Nomor: PM.03.01/C/4632/2023 tentang Kewaspadaan Terhadap Kejadian Mycoplasma Pneumonia di Indonesia.

"Meskipun kita tidak melakukan travel banned, tetapi kami minta teman-teman KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) untuk bisa berkoordinasi dengan maskapai apabila menemukan penumpang yang memiliki gejala-gejala influenza," kata dr Imran dalam konferensi pers, Rabu (29/11/2023).

Dalam surat edaran tersebut, Kemenkes meminta KKP untuk melakukan pemantauan perkembangan kasus dan negara terjangkit di tingkat global. Pengawasan terhadap orang (awak, personel, dan penumpang), alat angkut, barang bawaan, lingkungan, vektor, binatang pembawa penyakit di pelabuhan, bandar udara dan pos lintas batas negara juga dilakukan, terutama yang berasal dari negara terjangkit.

"Bagi fasyankes baik rumah sakit, klinik, piskesmas, kita minta mereka untuk bersiap-siap melakukan penanganan akibat keluhan mycoplasma pneumoni jika diperlukan. Segera melaporkan apabila terjadi kenaikan kunjungan penyakit ISPA atau pneumonia di faskes," tandas dr Imran.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Muncul Pneumonia 'Misterius', Kemenkes Perketat Pengawasan Perjalanan dari China"