Hagia Sophia

11 December 2023

Kasus COVID-19 Sedang Naik, Pesan Kemenkes Bagi yang Sedang Bepergian ke LN

Foto: AP Photo/Lee Jin-man, File

Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) meminta warga untuk segera melengkapi vaksinasi menyusul kasus COVID-19 yang mengalami kenaikan. Hal tersebut sebagai upaya kewaspadaan terhadap kenaikan kasus COVID-19 di Indonesia dan negara-negara lain seperti Malaysia dan Singapura.

Kewaspadaan tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor: IM.02.04/C/4799/2023 perihal Kewaspadaan Terhadap Lonjakan COVID-19 bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri tertanggal 8 Desember 2023.

Pelaku perjalanan luar negeri mempunyai risiko tertular COVID-19 akibat interaksi dengan orang lain dari berbagai negara, sehingga perlu dipastikan mempunyai kekebalan yang cukup untuk melakukan perjalanan sehingga tidak tertular dan menjadi sumber penularan selama perjalanan maupun ketika kembali ke Tanah Air. Kemenkes meminta WNI yang melakukan perjalanan ke luar negeri untuk melengkapi vaksinasi COVID-19 mereka.

"Sangat direkomendasikan untuk segera melengkapi vaksinasi COVID-19 baik dosis primer maupun booster sesuai ketentuan," tulis SE yang ditandatangani oleh Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI dr Maxi Rein Rondonuwu tersebut.

Di samping itu, dr Maxi meminta seluruh Dinas Kesehatan (Dinkes) di Indonesia memastikan ketersediaan stok vaksin COVID-19 di wilayah masing-masing. Dinkes setempat juga harus menyampaikan informasi di mana saja lokasi vaksinasi COVID-19 yang dapat diakses masyarakat.

Kasus COVID-19 dilaporkan kembali meningkat di sejumlah negara di ASEAN, termasuk Indonesia dengan rata-rata kasus harian bertambah 35-40 kasus. Sementara, pasien COVID-19 yang dirawat di rumah sakit tercatat antara 60-131 orang per 6 Desember.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kasus COVID-19 Naik, Kemenkes Titip Pesan Buat WNI yang Melancong ke Luar Negeri"