Hagia Sophia

11 December 2023

Mengenal Pulau Astola yang Dipercaya Tempat Dajjal Dikurung

Sebagian orang percaya bahwa Dajjal dikurung di Pulau Astola, Pakistan. Terlepas dari spekulasi, Pulau Astola menyimpan kekayaan dan kecantikan alam. Foto: DAWN

Dajjal adalah sosok yang dipercaya umat Muslim akan datang di akhir zaman dan membawa kehancuran. Dia dipercaya terbelenggu di suatu tempat dan bakal hadir menyesatkan manusia, mengaku sebagai Tuhan, sebelum Hari Kiamat menghancurkan segalanya.

Ada sejumlah tempat yang diyakini sebagai tempat Dajjal berada, sebut saja Pulau Socotra yang memiliki keanehan dan keunikan di dalamnya. Selain itu, ternyata ada juga Pulau Astola di Pakistan yang diyakini sebagai tempat Dajjal dikurung.

Astola adalah pulau tidak berpenghuni yang memiliki panjang 7 km dan lebar 2,5 km. Untuk mencapai Astola, Anda harus berkendara selama tujuh jam dari Karachi menuju Pasni, sebuah pelabuhan laut di Laut Arab. Dari sana, perjalanan akan memakan waktu tiga jam lagi dengan perahu.

Terlepas dari spekulasi yang beredar, Pulau Astola menyimpan kekayaan dan kecantikan alam yang luar biasa. Yuk, kenalan dengan Pulau Astola.

Geografis unik Astola

Pemandangan khas Pulau Astola terdiri dari dataran tinggi miring dan rangkaian tujuh bukit kecil, sehingga pulau ini mendapat julukan 'Haft Talar' atau 'Tujuh Bukit'. Sisi selatan pulau menukik perlahan ke arah pantai, sedangkan sisi utara memiliki formasi seperti tebing dengan penurunan vertikal yang tajam.

Geografi pulau ini beragam, antara lain pantai berpasir, pantai berbatu, dan rangkaian terowongan gelap yang belum tereksplorasi sepenuhnya.

Kekayaan alam di Astola

Penyu hijau dan penyu sisik yang terancam punah banyak bersarang di pantainya. Pulau Astola juga menjadi tempat berkembang biaknya berbagai jenis burung air seperti courser, curlew, godwit, camar, plovers, dan sanderling, serta Astola viper, subspesies ular viper berbisa.

Di sekitar pesisir Pulau Astola banyak terdapat terumbu karang. Terumbu karang ini sangat penting bagi keanekaragaman hayati laut karena berfungsi sebagai tempat berkembang biak berbagai ikan dan hewan laut lainnya.

Vegetasi Pulau Astola terbatas, sebagian besar berupa semak belukar dan semak besar, tanpa pepohonan. Pulau ini kekurangan pasokan air bersih dan flora bertahan hidup dari hujan sporadis dan kelembapan tanah. Demikian melansir Graana, Minggu (10/12/2023).




























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Mengenal Pulau Astola di Pakistan yang Disebut Tempat Dajjal Dikurung"