Hagia Sophia

12 March 2024

Bocah 11 Tahun Tewas Akibat Ikut Challenge TikTok

Foto: iStock

Seorang bocah laki-laki berusia 11 tahun meninggal dunia setelah mengalami henti jantung akibat ikut-ikutan tren viral di TikTok.

Tommie-Lee Gracie Billington (11) mengalami henti jantung dan kemudian meninggal di rumah temannya di Lancaster setelah keduanya mencoba tantangan media sosial yang dikenal sebagai "chroming" saat menginap bersama teman-temannya. Chroming, juga dikenal sebagai huffing, melibatkan 'menghirup bahan kimia beracun, sering kali dari produk rumah tangga, agar menjadi mabuk'.

"Dia meninggal seketika setelah menginap di rumah temannya. Anak-anak lelaki tersebut telah mencoba tren 'chroming' di TikTok," kata nenek anak laki-laki tersebut, Tina Burns, kepada The London Times.

Tren chroming ini melibatkan menghirup bahan kimia dari barang-barang rumah tangga seperti kaleng aerosol, penghapus cat kuku, pelarut cat, dan produk pembersih agar menjadi 'mabuk', sementara remaja memfilmkan proses dan hasilnya untuk diposting secara online.

Hanya saja hal ini dapat menyebabkan kerusakan otak yang serius, mati lemas, serangan jantung, dan banyak lagi hanya dengan satu kali hentakan. Tren ini telah menyebabkan banyak kematian remaja di seluruh dunia dan popularitasnya meningkat karena video chroming viral di media sosial.

Menghirup dalam campuran yang sangat pekat dapat menimbulkan "efek euforia" yang singkat, namun "berbahaya" dan juga dapat menyebabkan pusing, muntah, gagal jantung, dan kerusakan otak.

Efek jangka panjang dari menghirup zat beracun dapat menyebabkan kehilangan ingatan, IQ lebih rendah, ketidakmampuan berkonsentrasi, dan gangguan penilaian, menurut sebuah penelitian tahun 2018 yang diterbitkan dalam Journal of Drug and Alcohol Research.

Keluarga Tommie-Lee berpendapat bahwa platform media sosial perlu "berbuat lebih banyak" untuk menjaga keamanan pengguna, dan bahkan harus ditutup untuk mencegah kematian anak-anak lain.

"Kedua keluarga kami benar-benar hancur tapi kami semua menginginkan hal yang sama. Kami tidak ingin ada anak lain yang mengikuti TikTok atau menggunakan media sosial," kata Burns, merujuk pada keluarga teman Tommie-Lee.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Challenge TikTok Makan Korban, Bocah 11 Tahun Tewas usai Ikut Tren Chroming"