Hagia Sophia

12 March 2024

Bolehkah Memandikan Anak yang Sedang Demam? Ini Kata Pakar Kesehatan

Ilustrasi anak demam. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Narongrit Sritana)

Anak demam bisa menjadi salah satu momen yang 'menakutkan' untuk orang tua. Bagi ibu yang belum mengerti penanganan anak yang sakit demam, hal ini terkadang bisa membuat panik.

Salah topik yang kerap menjadi pertanyaan orang tua adalah sebenarnya apakah benar anak yang sedang demam itu boleh dimandikan? Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dr Piprim Basarah Yanuarso, SpA(K) mengungkap fakta sebenarnya.

dr Piprim menuturkan orang tua boleh memandikan anak yang sedang sakit demam. Ia bahkan sangat menganjurkan orang tua memandikan anak yang demam dengan air hangat. Ini menurutnya sama saja dengan mengompres anak di seluruh tubuh.

"Justru anak yang sedang demam itu sangat nyaman kalau dia dimandikan air hangat begitu ya. Itu sekaligus sama dengan seperti kompres di seluruh tubuh, jadi anak demam boleh rendaman air hangat 5-10 menit, leher ke bawah, itu cepat menurunkan suhu badannya," ucap dr Piprim ketika ditemui awak media di Jakarta Selatan, Jumat (10/3/2024).

Ia mengatakan memandikan anak yang demam dengan rendaman air hangat dapat menjadi salah satu bentuk pertolongan pertama ketika anak sakit.

dr Piprim menjelaskan bahwa kompres air hangat juga baik untuk menurunkan demam anak. Namun, tak banyak yang tahu rupanya bagian tubuh terbaik untuk melakukan kompres air hangat pada anak bukan di bagian kening.

"Kalau dilap juga nggakpapa, tapi mandi rendaman pun juga oke. Salah satu pertolongan pertama anak demam tinggi yang cukup aman adalah rendaman air hangat," ungkap dr Piprim.

"Atau kompres air hangat. Kompresnya bukan di kening ya, kompres itu yang ada di pembuluh darah besar yang itu di ketiak atau di lipatan paha. Kalau mau ya rendaman air hangat itu lebih pas. Jadi bisa dibilang mengompres seluruh tubuhnya langsung," pungkasnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Takut Mandikan Anak saat Demam? Jangan Salah, Manfaatnya Justru Sehebat Ini"