Hagia Sophia

12 March 2024

Pemunculan Perdana Kate Middleton Usai Jalani Operasi Perut

Kabar terkini Kate Middleton usai operasi perut. (Foto: Dok. Instagram @princeandprincessofwales)

Kate Middleton 'muncul' perdana dengan merilis foto terbaru di media sosialnya. Unggahan tersebut merupakan foto resmi pertama yang dibagikan setelah menjalani operasi perut pada Januari 2024.

"Terima kasih atas harapan baik Anda dan dukungan berkelanjutan selama dua bulan terakhir. Mengucapkan Selamat Hari Ibu kepada semua orang," tulis keterangannya, yang diakhiri dengan huruf "C."

Princess of Wales terakhir kali tampil di depan umum pada Hari Natal 2023, beberapa minggu sebelum pihak istana menyampaikan bahwa dia telah menjalani operasi perut yang direncanakan karena kondisi kesehatan yang dirahasiakan. Pada saat itu, pihak istana mengatakan bahwa dia memerlukan waktu beberapa bulan untuk pulih dan kemungkinan besar tidak akan melanjutkan tugas kerajaannya sebelum Paskah.

Namun, spekulasi terus berkembang mengenai kondisi sang putri, sehingga pihak istana mengeluarkan pernyataan minggu lalu.

"Istana Kensington telah memperjelas jadwal pemulihan sang Putri pada bulan Januari dan kami hanya akan memberikan informasi terkini yang signifikan," kata juru bicara sang putri dalam sebuah pernyataan kepada NBC News pada 29 Februari.

Kate pertama kali difoto pasca operasi pada tanggal 4 Maret. Foto buram yang diambil di dekat Kastil Windsor, tempat dia menjalani masa pemulihan, menunjukkan dia duduk di kursi penumpang SUV hitam yang tampaknya dikendarai oleh ibunya. Istana Kensington menolak mengomentari foto-foto tersebut saat itu.

Riwayat kesehatan Kate Middleton

Catherine sebelumnya mengalami komplikasi kesehatan selama tiga kehamilannya. Dia harus dirawat di rumah sakit karena hiperemesis gravidarum, sejenis mual di pagi hari yang parah, ketika dia mengandung anak tertua pasangan itu, Pangeran George.

Dia juga mengalami kondisi tersebut selama tahap awal kehamilannya bersama Putri Charlotte dan Pangeran Louis. Hiperemesis gravidarum melibatkan muntah parah, mual, penurunan berat badan, dan ketidakseimbangan elektrolit.

Penampilan publik terbaru sang putri bersama William dan ketiga anak mereka terjadi pada akhir tahun 2023 saat tamasya Natal tahunan mereka di Gereja St. Mary Magdalene di Sandringham, dekat salah satu perkebunan kerajaan.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kabar Terbaru Kate Middleton, 'Muncul' Perdana usai Jalani Operasi Perut"