Hagia Sophia

12 February 2023

Kalahkan Al Hilal 5-3, Real Madrid Juara Piala Dunia Antarklub 2022

Real Madrid juara Piala Dunia Antarklub 2022. (Foto: Action Images via Reuters/ANDREW BOYERS)

Real Madrid menjadi kampiun Piala Dunia Antarklub 2022. Madrid menang mudah atas Al Hilal dengan skor 5-3 di final.

Final Piala Dunia Antarklub 2022 antara Madrid vs Al Hilal berlangsung di Stadion Pangeran Moulay Abdellah, Minggu (12/2/2023) dinihari WIB. Vinicius Junior dan Federico Valverde masing-masing mencetak sepasang gol El Real, dan satu lainnya dari Karim Benzema. Sedangkan tiga gol balasan Al Hilal tercipta dari Moussa Marega dan brace Luciano Vietto.

Ini menjadi gelar kelima Madrid di kompetisi ini. Sebelumnya, Los Blancos memenanginya pada 2014, dan 2016-2018.

Sementara itu Flamengo memenangi perebutan tempat ketiga Piala Dunia Antarklub 2022. Klub Brasil ini mengalahkan Al Ahly 4-2 di laga playoff.

Jalannya Pertandingan

Madrid memulai permainan dengan kencang. Kerja sama Karim Benzema dengan Federico Valverde diakhiri dengan umpan terobosan. Vinicius Junior menyelesaikan dengan sepakan mendatar ke sudut bawah gawang Al Hilal untuk membuka skor di menit kesebelas.

Hanya tujuh menit berselang, Madrid berhasil memperbesar keunggulannya menjadi 2-0. Crossing Luka Modric dari sayap kanan diantisipasi lini belakang Al Hilal, tapi bola lantas jatuh di jalur Valverde. Dari sisi kanan kotak penalti, Valverde melepaskan tembakan voli kaki kanan yang sukses menembus gawang.

Game on! Al Hilal mencetak gol balasan untuk mengubah skor menjadi 2-1 pada menit ke-26. Mohammed Kanno mendapatkan celah di sayap kanan pertahanan Madrid lalu mengirim umpan kepada Marega. Pemain yang disebut terakhir menggiring bola ke kotak penalti lalu menyelesaikan dengan tembakan yang membuat Andriy Lunin tak berkutik.

Selepas turun minum, Real Madrid mengembalikan keunggulan dua golnya atas Al Hilal. Giliran Benzema mencatatkan namanya di papan skor di menit ke-54. Kerja sama Eduardo Camavinga dengan Vinicius diakhiri dengan sebuah crossing cantik dari sayap kiri. Benzema dengan mudah menuntaskan dari depan gawang.

Kerja sama satu dua Dani Carvajal dengan Valverde membuahkan gol keempat Real Madrid pada empat menit berselang. Valverde menuntaskan sodoran mendatar Carvajal dengan sepakan kaki kanan. Madrid 4, Al Hilal 1.

Al Hilal tidak menyerah tanpa perlawanan. Satu gol lain dicetak Al Hilal selepas pertandingan melewati sejam. Saud Abdulhamid dengan cerdik melihat celah besar di pertahanan Madrid lalu mengirim umpan terobosan ke depan. Dalam situasi satu lawan satu dengan Lunin, Vietto melakukan tendangan kaki kanan yang sukses bersarang di tiang jauh. Al Hilal memperkecil skor menjadi 2-4.

Pada menit ke-69, Vinicius Junior mencetak gol kelima Real Madrid sehingga keunggulan menjadi 5-2 atas Al Hilal. Vinicius melakukan tusukan dari sayap kiri, lalu sodoran pendek dari Marco Asensio diselesaikannya dengan tembakan melengkung kaki kanan ke sudut bawah gawang.

Sepuluh menit kemudian, Vietto menciptakan gol hiburan Al Hilal. Gustavo Cuellar merampas bola dari Camavinga lalu dioper kepada Michael yang berakselerasi di sayap kanan. Michael mengirim umpan tarik kepada Vietto, yang memperdaya Lunin sebelum membobol gawang Madrid dari jarak dekat. Al Hilal menipiskan skor 3-5 dari Madrid sekaligus menandai kedudukan akhir pertandingan.

Susunan Pemain

Real Madrid: Lunin, David Alaba, Dani Carvajal, Ruediger, Modric (Nacho 74'), Kroos (Asensio 74'), Valverde, Tchouameni (Ceballos 62'), Camavinga, Vinicius Junior, Benzema (Rodrygo 62')

Al Hilal: Abdullah Al Muaiouf, Jang Hyun-Soo, Ali Al Bulayhi, Khalifah Al Dawsari, Saud Abdulhamid, Cuellar, Carrillo (Michael 75'), Salem Al Dawsari, Mohammed Kanno, Marega (Ighalo 86'), Vietto (Al Hamdan 87')





















Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Real Madrid Juara Piala Dunia Antarklub 2022!"