Hagia Sophia

12 February 2023

Cerita Haru Korban Gempa Turki Usai 40 Jam Tertimbun

Momen haru detik-detik evakuasi korban gempa di Turki. (Foto: Tangkapan layar video @TheWhiteHelmets)

Viral momen haru detik-detik evakuasi satu keluarga setelah tertimbun reruntuhan gempa dahsyat di Turki selama 40 jam. Keluarga beranggotakan lima orang itu berhasil selamat saat ditemukan tim evakuasi The White Helmets.

Dalam video dokumentasi mereka, terlihat tim pertama-tama menyelamatkan sang ayah yang dibawa dengan tandu, kemudian seorang anak kecil. Anak itu tampak kebingungan saat melihat sekeliling berteriak atau bersorak kegirangan.

Ratusan orang menyaksikan momen evakuasi haru tersebut. Setelahnya, seorang anak laki-laki dan perempuan yang tampak seumuran ikut dibawa ke ambulans.

Dalam video itu juga terlihat ayah mereka menangis terharu sambil berteriak saat anak-anaknya datang satu per satu. Terakhir, tandu lain yang dibawa tim evakuasi ikut menyelamatkan sang ibu dari keluarga ini.
"Dia hidup! Dia hidup!" kata seorang pria, mengacu pada ibu anak-anak itu.

"Seluruh anggota keluarga tampak dalam keadaan sehat," jelas salah satu tim evakuasi The White Helmets, Fatima Abid, saat berada di tempat kejadian.

"Kegembiraan kami sebagai relawan dan keluarga sangat kuat. Itu memberi kami motivasi dan semangat untuk terus maju dan terus melakukan pekerjaan kami dengan kapasitas dan kemampuan maksimal," tambahnya.

Tim White Helmets mengaku penyelamatan ini adalah salah satu pencapaian terbesar mereka.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Haru, Detik-detik Sekeluarga Turki Selamat Pasca 40 Jam Tertimbun Runtuhan Gempa"