Hagia Sophia

12 February 2023

Waspadai Bila Temukan Lebam Biru Kehijauan di Tangan, Bisa Jadi Tanda Tumor Langka

Lebam jadi gejala tumor langka (Foto: Getty Images/iStockphoto/peterschreiber.media)

Studi baru menemukan lebam biru kehijauan di tangan bisa menjadi tanda tumor langka. Kasus aneh ini ditemukan pada wanita berusia 30-an.

Dilaporkan seorang wanita mengalami lebam usai berlatih yoga karena tidak sengaja memelintir tangannya. Namun setelah diberi es dan diistirahatkan, memarnya tak kunjung hilang.

Kasus yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Dermatology itu mencatat adanya plak yang mengeras di punggung tangan wanita itu. Pengecekan dengan X-ray dan MRI juga memperlihatkan adanya benjolan kecil tepat di bawah kulit telapak tangannya.

Setelah pemeriksaan, dokter mendiagnosa wanita tersebut dengan hemosiderosis fibrolipomatous (HFLT), sejenis tumor langka yang paling sering terbentuk di kaki atau pergelangan kaki. Tumor ini disebut jarang tumbuh di tangan, hanya 10 persen dari keseluruhan kasus yang pernah dilaporkan.

"HFLT adalah kondisi yang langka dan baru saja ditemukan," tulis laporan tersebut.

Kondisi ini pertama kali ditemukan peneliti pada tahun 2000. Kabar baiknya studi menunjukkan bahwa pertumbuhan abnormal ini biasanya jinak dan jarang menjadi kanker.






















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Studi Temukan Lebam Kehijauan di Tangan Bisa Jadi Tanda Tumor Langka"