Hagia Sophia

12 February 2023

Orang yang Percaya Zodiac Cenderung Narsis dan Kurang Cerdas, Benarkah?

Percaya zodiak tanda kurang cerdas? Kata studi sih begini. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/peshkov)

Saat ini mungkin masih banyak orang yang percaya mengenai ramalan zodiak. Tapi tahukah kamu, terdapat studi yang mengatakan bahwa orang yang percaya dengan ramalan konsep astrologi berdasarkan posisi benda langit dan dapat mempengaruhi manusia itu ternyata orang yang cenderung kurang pintar dan narsistik.

Dikutip dari Daily Mail, sebuah studi dari Universitas Lund di Swedia telah mensurvei lebih dari 250 orang mengenai kepercayaan mereka terhadap astrologi dengan profil kepribadian mereka sendiri.

Studi ini dilakukan oleh psikolog bernama Petri Kajonius beserta rekan-rekannya. Hasil dari penelitian menemukan mereka yang memiliki keyakinan kuat terhadap zodiak mendapatkan skor lebih tinggi dalam narsisme, namun skor yang rendah dalam hal kecerdasan.

"Tidak jelas mengapa praktik kuno mempelajari posisi dan gerakan benda langit ini, dengan keyakinan bahwa mereka memengaruhi perilaku manusia," tulis para peneliti. Mereka juga menambahkan ramalan astrologi semakin populer, meskipun kurangnya dukungan ilmiah.

Karena itu, dr Kajonius dan rekan-rekannya merekrut 264 orang melalui media sosial dan meminta mengisi serangkaian kuesioner untuk melihat bagaimana kepercayaan pada astrologi dikaitkan dengan ciri kepribadian tertentu.

"Hasil utama menunjukkan bahwa semakin tinggi narsisme, mungkin secara mengejutkan, semakin tinggi pula kepercayaan pada astrologi," tulis para peneliti.

Peneliti mengaku harus ada penelitian lebih lanjut agar dapat mengeksplorasi alasan di balik ini. Namun, mereka memiliki beberapa hipotesis yang dapat menjelaskan temuannya.

Karena prediksi astrologi dan horoskop cenderung dibingkai secara positif, ini bisa memperkuat perasaan pembacanya. Dengan demikian, hal tersebut menjadi lebih menarik bagi narsisis.

Lebih lanjut, peneliti mencatat sifat narsis berkorelasi dengan keyakinan bahwa astrologi didukung oleh sains, yang mengarah pada spekulasi bahwa narsisis umumnya lebih tahan terhadap fakta.

Namun, peneliti menyebutkan kepercayaan pada astrologi berkorelasi dengan kepercayaan pada banyak pseudosains lainnya serta dengan kepercayaan pada teori konspirasi menunjukkan tidak terlalu berbahaya.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Studi: Orang yang Percaya Zodiak Cenderung Narsis dan Kurang Cerdas"