Hagia Sophia

12 February 2023

Benarkah Minum Kopi Bisa Cegah Tekanan Darah Tinggi?

Manfaat kopi untuk tekanan darah tinggi (Foto: thinkstock)

Kopi menjadi suatu bagian dari rutinitas banyak orang. Sejumlah riset menunjukkan manfaat mengonsumsi kopi dalam menurunkan tekanan darah dan juga bagi kesehatan jantung.

Berdasarkan sebuah studi dalam jurnal 'Nutrients' yang dilakukan terhadap lebih dari 1.500 orang, ditemukan bahwa mereka yang mengonsumsi kopi secara rutin memiliki kondisi hati yang lebih sehat.

Pada riset lainnya pun banyak mengaitkan manfaatkan mengonsumsi kopi untuk menurunkan risiko penyakit jantung, kegagalan hati, dan stroke.

"Hasilnya sangat jelas. Tekanan darah secara signifikan tampak lebih rendah pada individu yang mengonsumsi satu sampai tiga gelas kopi per hari dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi kopi sama sekali," ucap Arrigo Cicero, salah seorang peneliti dari University of Bologna.

Meski terbukti memiliki sejumlah manfaat baik, segala yang dikonsumsi secara berlebihan akan berdampak buruk bagi tubuh. Kadar dan jumlah kopi yang dikonsumsi perlu diperhatikan karena jumlah yang berlebih dapat berpotensi merusak kesehatan hati.

National Health Service (NHS) mengungkapkan bahwa mengonsumsi lebih dari empat gelas per hari dapat meningkatkan tekanan darah.

The European Food Safety Agency menyatakan bahwa batas konsumsi kafein harian bagi orang dewasa berkisar 400mg atau setara dengan 4 gelas kopi.

Namun, takaran ini tetap harus disesuaikan dengan kondisi tubuh masing-masing, terutama bagi orang yang sensitif terhadap kandungan kafein. Orang yang sensitif terhadap kafein bisa merasakan rasa berdebar atau gelisah bila mengonsumsi kafein melebihi batas toleransinya.

Takaran bagi ibu hamil juga berbeda. Ibu hamil disarankan untuk hanya mengonsumsi 200mg kafein per hari atau setara dengan dua gelas. Konsumsi kafein yang berlebih pada ibu hamil dikhawatirkan dapat berdampak pada kesehatan bayi saat lahir.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Manfaat Lain Minum Kopi, Bisa Cegah Tekanan Darah Tinggi"