Hagia Sophia

12 February 2023

Liga Inggris: Leicester Kalahkan Tottenham 4-1

Kane gagal mencetak gol ke gawang Leicester. Foto: PA Images via Getty Images/Isaac Parkin - PA Images

Leicester City sukses menghajar Tottenham Hotspur 4-1 dalam lanjutan Liga Inggris musim ini. Sempat tertinggal lebih dulu, The Foxes kemudian bangkit dan membabat habis Harry Kane dkk.

Bermain di King Power Stadium, Sabtu (11/2/2023), Leicester tertinggal lebih dulu lewat gol Rodrigo Bentancur di menit ke-14, namun akhirnya meraih tiga poin berkat gol-gol dari Nampalys Mendy (23'), James Maddison (25'), Kelechi Iheanacho (45+4') dan Harvey Barnes (81').

Hasil ini membuat Leicester menempati urutan 13 klasemen sementara dengan 24 poin dari 22 laga, sedangkan Tottenham tertahan di posisi lima dengan 39 poin dari 23 laga.

Jalannya pertandingan

Tottenham membuka keunggulan di menit ke-14. Lewat situasi sepak pojok, sundulan Ben Davies membentur Victor Kristiansen, namun bola liar mengarah kepada Rodrigo Bentancur.

Gelandang Uruguay itu kemudian menceploskan bola ke gawang Leicester yang dijaga Danny Ward. Video Assistant Referee (VAR) sempat mengecek proses gol itu karena Bentancur diduga offside, namun wasit kemudian menyatakan tak ada prosedur yang dilanggar.

Namun keunggulan itu tak bertahan lama. Tuan rumah berhasil menyamakan skor menjadi 1-1 pada menit ke-23. Lewat sepak pojok, sundulan Timothy Castagne berhasil disapu Bentancur, namun bola liar disambar oleh Nampalys Mendy.

Satu tembakan frst time darinya bersarang telak di sudut kanan gawang Fraser Forster yang menggantikan Hugo Lloris di laga ini. Dua menit berselang, eks kiper Timnas Inggris itu kembali kebobolan.

Wout Faes berhasil merebut bola di tengah lapangan yang ditujukan kepada Harry Kane, lalu dengan cepat mengirim umpan terobosan kepada Kelechi Iheanacho, yang kemudian meneruskannya kepada James Maddison.

Dalam duel satu lawan satu, dengan tenang ia menaklukkan Forster dengan satu sepakan mendatar ke sudut kiri gawang. Leicester berbalik memimpin 2-1.

Hampir saja Iheanacho menambah keunggulan Leicester, andai tembakan kaki kirinya di menit ke-26 tak dihalau oleh Forster. Penyerang Nigeria itu baru sukses menyarangkan gol di injury time.

Menerima longball dari Harry Souttar, Iheanacho membawa bola hingga depan kotak penalti Tottenham. Meski dibayangi oleh Eric Dier, ia dengan jeli mengirim bola ke sudut kiri gawang tanpa mampu dihalau Forster. Skor 3-1 bertahan hingga jeda.

Pada babak kedua, gol Leicester di menit ke-70 lewat tembakan Harvey Barnes dianulir VAR karena ia dinyatakan offside saat menerima umpan Iheanacho. Namun 11 menit berselang, Barnes kembali mencetak gol, dan kali ini disahkan wasit.

Momen ketika Harvey Barnes mencetak gol keempat Leicester. Foto: Leicester City FC via Getty Imag/Plumb Images

Lewat serangan dari sisi kiri, Maddison mengirim upan kepada Barnes yang berada di depan kotak penalti Tottenham. Meski dihalau oleh Dier, Barnes tetap mampu melepaskan tembakan jarak jauh yang bersarang di sudut kanan gawang Tottenham.

Skor 4-1 bertahan hingga laga usai.

Susunan pemain

Leicester City: Ward, Castagne, Souttar, Faes, Kristiansen, Mendy (Ndidi 69'), Dewsbury-Hall, Tete (Praet 77'), Maddison (Pereira 88'), Barnes, Iheanacho (Vardy 77').

Tottenham Hotspur: Forster, Ben Davies, Dier, Tanganga (Sanchez 76'), Perisic (Richarlison 75'), Bentancur (Sarr 65'), Hojbjerg, Pedro Porro (Emerson 75'), Son Heung-min, Kulusevski (Danjuma 79'), Kane.




















Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Leicester Vs Tottenham: Harry Kane dkk Disikat 1-4"