Hagia Sophia

15 August 2023

Planet Bumi Ternyata Tidak Bulat Sempurna, Ada Gumpalan dan Gundukan

Bumi Tidak Bulat Sempurna, Ada Penyok Akibat Lubang di Samudra Hindia. Foto: International Centre for Global Earth Models/Wikimedia, CC BY 4.0

Planet kita tidak berbentuk bulat sempurna, melainkan tercakup dalam gumpalan dan gundukan. Keduanya memiliki geologi dan kepadatan bervariasi yang menarik massa di dekatnya. Tingkat kekuatan menarik massa-nya pun berbeda-beda dan berwujud dalam peta bergelombang yang dikenal sebagai geoid.

Jauh di bawah Samudra Hindia, tarikan itu melemah hingga sangat rendah, meninggalkan sesuatu yang dianggap sebagai 'lubang' gravitasi masif berukuran kira-kira tiga juta kilometer persegi, ketika dasar laut tenggelam ke dalam cekungan yang luas.

Salah satu anomali gravitasi paling dalam di Bumi ini, sebenarnya sudah sering dibahas. Survei berbasis kapal dan pengukuran satelit telah lama mengungkapkan bahwa permukaan laut di ujung anak benua India tampak turun karena tarik-menarik gravitasi antara geoid Samudra Hindia dan tinggi gravitasi di sekitarnya.

Apa yang menyebabkan pelemahan relatif ini tidak pernah jelas. Dua peneliti dari Indian Institute of Science berpikir mereka memiliki gagasan yang lebih baik tentang fenomena yang mungkin terlibat.

"Semua studi di masa lalu melihat anomali saat ini dan tidak peduli dengan bagaimana geoid rendah ini muncul," jelas ahli geoid Debanjan Pal dan Attreyee Ghosh dikutip dari Science Alert.

Mereka berpikir jawabannya terletak lebih dari 1.000 kilometer di bawah kerak Bumi, tempat sisa-sisa lautan purba yang dingin dan padat jatuh ke 'kuburan lempengan' di bawah Afrika sekitar 30 juta tahun yang lalu dan mengaduk batuan cair yang panas.

Tapi hasil penelitian mereka, berdasarkan model komputer, tidak mungkin menyelesaikan perdebatan sengit tentang asal usul geoid rendah, setidaknya sampai lebih banyak data dikumpulkan.

Pada tahun 2018, sejumlah ilmuwan dari National Centre for Polar and Ocean Research di India mulai menyebarkan serangkaian seismometer di sepanjang dasar laut zona deformasi, untuk memetakan area tersebut.

Berada jauh di lepas pantai, hanya sedikit data seismik yang telah dikumpulkan di area tersebut sebelumnya. Hasil dari survei tahun 2018 itu menunjukkan adanya semburan panas dari batuan cair yang muncul di bawah Samudra Hindia dan entah bagaimana berkontribusi pada bentuk penyok yang besar.

Tapi diperlukan pandangan yang lebih luas untuk merekonstruksi geoid rendah pada fase awalnya. Jadi, Pal dan Ghosh menelusuri kembali pembentukan geoid masif dengan memodelkan bagaimana lempeng tektonik meluncur di atas mantel Bumi yang panas dan lengket selama 140 juta tahun terakhir.

Saat itu, lempeng tektonik India baru saja mulai melepaskan diri dari benua super, Gondwana, untuk memulai perjalanannya ke utara. Saat lempeng India maju, dasar laut samudra purba yang disebut Laut Tethys tenggelam ke dalam mantel Bumi, dan Samudra Hindia terbuka di belakangnya.

Pal dan Ghosh menjalankan simulasi menggunakan puluhan model komputer gerakan lempeng dan gerakan mantel, membandingkan bentuk rendah samudra yang diprediksi model tersebut dengan pengamatan bentuk penyok itu sendiri.

Model-model yang mereproduksi geoid rendah Samudra Hindia dalam bentuknya saat ini semuanya memiliki satu kesamaan: semburan magma panas dan berkepadatan rendah yang melayang di bawahnya. Selain struktur mantel yang khas, yang membuat geoid menjadi rendah adalah jika mereka naik cukup tinggi, duga Pal dan Ghosh.

"Singkatnya, hasil kami menunjukkan bahwa untuk mencocokkan bentuk dan amplitudo geoid rendah yang diamati, semburan harus cukup apung untuk mencapai kedalaman pertengahan mantel," tulis keduanya.

Gumpalan pertama muncul sekitar 20 juta tahun yang lalu, di selatan Samudra Hindia geoid rendah, dan sekitar 10 juta tahun setelah Laut Tethys tua tenggelam ke dalam mantel bawah. Saat semburan menyebar di bawah litosfer dan beringsut menuju semenanjung India, gelombang rendah semakin intensif.

Mengingat hasilnya konsisten dengan elemen pekerjaan pemodelan Ghosh sebelumnya dari tahun 2017, keduanya memperkirakan gumpalan didorong ke atas setelah dasar laut Tethys tenggelam ke mantel bawah, mengganggu 'gumpalan Afrika'.

Namun, beberapa peneliti yang tidak terlibat dalam pekerjaan tersebut tidak yakin. Mereka mengatakan belum ada bukti seismografi yang jelas bahwa semburan yang disimulasikan benar-benar ada di bawah Samudra Hindia.

Data seperti itu akan segera terungkap, dan menurut para peneliti, kita tidak perlu terburu-buru, karena geoid rendah diperkirakan akan bertahan selama jutaan tahun lagi.


























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Bumi Tak Bulat Sempurna, Ada Penyok Akibat Lubang di Samudra Hindia"