Hagia Sophia

25 November 2023

Beberapa Manfaat Buah Kecapi untuk Kesehatan Tubuh

Foto: iStock

Mendengar nama kecapi mungkin akan membuat kamu membayangkan sebuah alat musik daerah. Namun, ternyata kecapi juga digunakan sebagai nama buah loh! Buah kecapi atau biasa dikenal dengan buah sentul, adalah buah berukuran kecil dengan daging berwarna putih identik seperti buah manggis.

Buah kecapi memiliki kulit yang cukup tebal dan berbiji besar. Buah kecapi rasanya manis namun sedikit asam. Dikutip melalui laman Healthy Benefits, buah kecapi berasal dari Semenanjung Malaya dan Indochina.

Beberapa abad silam, buah kecapi masuk ke Filipina, Mauritius, India, dan Indonesia, tepatnya di Borneo, Tapanuli, dan Maluku. Pohon kecapi yang besar bisa tumbuh mencapai 30 meter.

Jadi wajar saja jika buah kecapi sekarang cukup sulit untuk ditemukan. Padahal, buah kecapi memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini manfaat dari buah kecapi.

Manfaat Buah Kecapi untuk Kesehatan

1. Mencegah Diabetes
Dikutip melalui laman Healthy Benefits Times, buah kecapi bermanfaat dalam mencegah diabetes. Buah kecapi baik dikonsumsi bagi penderita diabetes. Buah kecapi kaya akan serat dan mempunyai indeks glikemik yang cukup rendah.

Serat sangat berguna dalam memperlambat proses pencernaan makanan, sehingga akan mengurangi penyerapan gula dalam darah. Kadar gula darah dalam tubuh pun menjadi terkontrol.

2. Mencegah Anemia
Buah kecapi juga dikenal bisa mencegah anemia. Buah kecapi memiliki kandungan zat besi dan mineral yang cukup tinggi. Kandungan tersebut berperan penting dalam pembentukan sel darah merah. Selain itu, buah kecapi juga mengandung vitamin C yang dapat membantu proses penyerapan zat besi dalam tubuh.

3. Mencegah Wasir
Wasir merupakan kondisi kesehatan yang disebabkan oleh pembengkakan pembuluh darah pada saluran anus. Menderita wasir tentu saja akan sangat mengganggu kenyamanan, karena bisa menimbulkan rasa nyeri setiap kali akan BAB. Untuk mengatasi masalah kesehatan seperti wasir, kamu bisa mengonsumsi buah kecapi.

Buah kecapi memiliki kandungan vitamin C yang dapat membantu meningkatkan endotel sehat dalam pembuluh darah. Tak hanya itu, kandungan serat pada buah kecapi sangat berguna dalam menjaga konsistensi tinja agar tetap lunak. Dengan begitu, kamu tidak perlu mengejan terlalu keras ketika BAB.

4. Menurunkan Kolesterol Jahat
Buah kecapi dipercaya dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh, sangat disarankan untuk mengurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak berlebih.

Makanan berlemak yang perlu dihindari antara lain seperti gorengan, kulit ayam, daging merah, keripik kentang, dan es krim. Dengan mengonsumsi buah kecapi, bisa membantu dalam menurunkan kolesterol karena mengandung pektin dan serat.

5. Meminimalisir Risiko Kanker
Kanker merupakan penyakit mematikan yang disebabkan oleh serangan radikal bebas. Buah kecapi mengandung zat antioksidan yang tinggi sehingga bisa membantu dalam mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, disarankan mengonsumsi buah kecapi secara rutin.

6. Mengatasi Sembelit
Manfaat lain dari buah kecapi adalah dapat mengatasi diare dan sembelit. Kandungan serat yang terdapat pada buah kecapi, sangat efektif dalam mengatasi masalah kesulitan BAB. Kandungan serat pada buah kecapi juga bisa mengubah tekstur dari tinja menjadi lunak, sehingga akan mudah untuk dikeluarkan.

7. Mengontrol Berat Badan
Mengonsumsi buah kecapi, dipercaya dapat mengontrol berat badan. Hal ini dikarenakan buah kecapi mengandung serat yang cukup tinggi, sehingga bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

Jika kamu merasa kenyang, maka keinginan kamu untuk makan akan berkurang, sehingga berat badan bisa terkontrol. Berat badan yang tidak terkontrol hanya akan mengundang masalah kesehatan lainnya, contohnya seperti stroke, hipertensi, diabetes, obesitas, gangguan tidur, dan gangguan hormon.

8. Meningkatkan Imun Tubuh
Dikutip melalui salah satu artikel detikHealth, mengonsumsi buah kecapi sangat bermanfaat dalam menjaga dan meningkatkan imun tubuh manusia. Buah kecapi mengandung zat antioksidan dan vitamin C yang tinggi sehingga dapat menjaga daya tahan tubuh.

9. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut
Gigi dan mulut adalah salah satu bagian tubuh yang penting untuk dijaga kesehatannya. Nah, salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah dengan rajin menggosok gigi.

Selain itu, ternyata mengonsumsi buah kecapi dipercaya bisa merangsang produksi air liur agar lebih banyak. Sehingga, bisa mengurangi tumbuhnya bakteri pada area gigi dan mulut.

10. Meringankan Alergi
Manfaat buah kecapi yang terakhir adalah dapat digunakan untuk mengobati alergi. Alergi seringkali disebabkan oleh hal yang berbeda-beda. Bisa disebabkan oleh kosmetik, debu, bahkan makanan. Efek yang akan ditimbulkan dari alergi berupa munculnya ruam dan rasa gatal pada kulit.

Alergi sebenarnya tidak bisa disembuhkan, namun bisa diobati dan diredakan gejalanya. Salah satu cara untuk mengobati alergi adalah dengan mengonsumsi buah kecapi. Hal ini dikarenakan, buah kecapi mengandung senyawa asam yang berfungsi dalam mengobati alergi apabila rutin untuk dikonsumsi.

Melalui penjelasan di atas, maka bisa disimpulkan bahwa buah kecapi memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Manfaatnya yaitu mencegah diabetes, anemia, wasir, mengontrol berat badan dan kadar kolesterol, meningkatkan imun tubuh, mengatasi sembelit, menjaga kesehatan mulut, serta mengobati alergi.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Ini 10 Manfaat Buah Kecapi untuk Kesehatan yang Wajib Diketahui"