Hagia Sophia

25 November 2023

Kisah Wanita yang Paru-parunya Nyusut Hingga Sebesar Testis

Ilustrasi. Foto: Thinkstock

Seorang wanita di London, Inggris, Olivia Smith (22) mengalami paru-paru kolaps sampai-sampai paru-parunya menyusut, menjadi 'seukuran testis'. Semuanya bermula ketika ia bersama teman-temannya sedang berpesta sembari meminum koktail malam hari. Tiba-tiba, ia merasakan sakit pada bagian dadanya.

Smith sempat memeriksakan diri ke rumah sakit. Namun saat itu, petugas medis menyebut kondisi Smith baik-baik saja. Ia pun pulang ke rumah, namun merasa gejalanya tak kunjung mereda.

Ia pun kembali memeriksakan diri ke rumah sakit. Barulah di sana, mengacu pada hasil rontgen, diketahui bahwa paru-paru Smith telah menyusut sebanyak 80 persen. Apa yang terjadi?

Secara teknis, kondisi paru-paru kolaps yang dialami Smith disebut sebagai 'pneumotoraks'. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai kondisi pernapasan, cacat bawaan pada organ yang hanya menimbulkan masalah di kemudian hari, atau cedera traumatis. Namun, seringkali hal ini terjadi secara spontan tanpa sebab yang jelas.

Kolaps paru-paru ini terjadi ketika udara bocor dari organ dan terperangkap di antara dada dan paru-paru, sehingga membuat paru-paru tidak bisa mengembang sepenuhnya.

"Saya memesan martini bintang porno untuk diri saya sendiri dan segera setelah saya memesannya, saya merasakan sakitnya, tiba-tiba saja," ungkap Smith menjelaskan kronologi ketika dirinya tengah berpesta mengalami sakit hebat, saat berpesta bersama teman-temannya, dikutip dari Daily Mail, Kamis (23/11/2023).

"Saya mengirim SMS ke pacar saya yang berada di ujung meja dan mengatakan bahwa saya 70 persen yakin paru-paru saya rusak tetapi tidak memberi tahu siapa pun. Kami bersama 20 orang, dan saya tidak ingin semua teman saya panik atau berpikir saya melebih-lebihkan," imbuhnya.

Saat itu, Smith langsung memeriksakan diri di pusat perawatan darurat Rumah Sakit Queen di Romford. Setelah dirujuk untuk menjalani rontgen, Smith harus menunggu selama tiga jam di pusat yang 'penuh sesak' hanya untuk mendapatkan penjelasan dokter. Namun saat itu, petugas medis menyebut tidak ada tanda-tanda kejanggalan pada paru-paru Smith.

Smith kemudian dibawa ke Rumah Sakit NHS St Bartholomew di pusat kota London. Di sana, dokter terkejut lantaran dengan kondisi paru-paru menyusut, Smith tak kunjung mendapat perawatan medis. Di RS itulah, Smith menjalani perawatan selama 10 hari sebelum paru-parunya cukup pulih untuk dioperasi.

Sejauh ini, petugas medis belum bisa menjelaskan penyebab pasti kondisi yang dialami Smith. Mereka tengah melakukan tes untuk mengetahui apakah penyakit tersebut ada hubungannya dengan endometriosis yang diderita Smith.

Endometriosis adalah suatu kondisi jaringan, mirip dengan yang ditemukan di rahim, tumbuh di tempat yang tidak seharusnya. Kondisi ini paling sering terjadi di bagian lain sistem reproduksi, seperti ovarium dan saluran tuba, yang dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa.

Jika kondisi ini terjadi di bagian tubuh lain seperti paru-paru atau diafragma, pasien bisa mengalami gangguan pernapasan dan kolaps paru-paru.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Paru Wanita Ini Kolaps-Menyusut 'Seukuran Testis', Awalnya Gejala Nyeri Dada"