Hagia Sophia

25 November 2023

Beberapa Olahraga Ini Ampuh untuk Hilangkan Lemak di Punggung

Ilustrasi. Foto: iStock

Beberapa orang merasa 'insecure' melihat timbunan lemak di area punggungnya. Memang, lemak di area punggung ini cenderung lebih susah dihilangkan dibandingkan di area tubuh lainnya. Tapi tak perlu khawatir. Sebenarnya, ada lho gerakan-gerakan olahraga simpel dan minim effort yang bisa dilakukan untuk menghilangkan lemak di punggung.

Timbunan lemak punggung sangat umum dimiliki para wanita yang mungkin memiliki kulit kendur, terutama di sekitar tali bra, atau di bawah ketiak. Minim gerak fisik dan ketidakseimbangan hormon menyebabkan seseorang mengalami masalah ini.

Dikutip dari Health Shots, inilah latihan terbaik yang membantu mengurangi lemak di punggung:

1. Push-up dinding
Latihan ini menjadi salah satu gerakan yang efektif untuk mengurangi lemak punggung karena menargetkan otot di punggung atas dan juga lengan. Lakukan tiga set gerakan ini dengan 12-15 pengulangan untuk mengurangi lemak punggung secara bertahap.

Caranya, cobalah berdiri menghadap dinding dan telapak tangan ditempelkan sebagai tumpuan setinggi bahu, sedikit lebih lebar dari lebar bahu. Tekuk siku dan dekatkan dada ke dinding lalu dorong hingga kembali ke posisi awal.

2. Pull-up
Gerakan yang lebih menantang seperti pull-up ini menargetkan berbagai otot di punggung bagian atas. Lakukan tiga set latihan ini dengan lima sampai delapan kali pengulangan untuk mengurangi lemak di punggung.

3. Push-up lantai
Push-up lantai bermanfaat untuk membakar kalori sekaligus memperkuat tubuh bagian atas. Mulailah dalam posisi plank dengan tangan dibuka selebar bahu dan turunkan dada hingga ke lantai. Jaga tubuh agar tetap lurus dan ulangi gerakan ini hingga tiga set, dengan delapan sampai sepuluh pengulangan.

Seiring dengan bertambahnya progres, tingkatkan kuantitasnya secara bertahap.

4. Side plank
Side plank melatih berbagai otot di sisi tubuh yang membantu mengencangkan punggung serta meningkatkan stabilitas tubuh. Tahan posisi side plank selama 20-30 detik secara bergantian di setiap sisi nya dan tingkatkan waktunya secara bertahap.

Kemudian, cobalah berbaring miring dengan siku tepat di bawah bahu dan kaki ditumpuk di atas satu sama lain. Kemudian angkat pinggul dari lantai, hingga membentuk garis lurus dari kepala sampai bagian kaki.

5. Skipping dan jumping jack
Latihan kardio seperti skipping dan jumping jack bisa membantu membakar lemak berlebih, sekaligus mengencangkan seluruh tubuh termasuk punggung. Melakukan aktivitas ini selama beberapa menit setiap harinya efektif mengurangi tumpukan lemak di punggung.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "5 Olahraga Simpel yang Ampuh Hilangkan Lemak di Punggung"