Hagia Sophia

29 November 2023

Liga Champions: Barcelona Kalahkan Porto 2-1

Foto: REUTERS/ALBERT GEA

Barcelona memastikan diri lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Barca bangkit dari ketinggalan untuk berbalik mengalahkan Porto dengan skor 2-1.

Duel Barcelona vs Porto berlangsung di Stadion Montjuic pada Rabu (29/11) dinihari WIB. Pepe Aquino membuat publik tuan rumah terdiam setelah membuka skor tepat saat laga berjalan setengah jam.

Joao Cancelo menginspirasi kebangkitan Barcelona. Cancelo mencetak gol untuk menyeimbangkan permainan di akhir babak pertama, lalu mengkreasikan gol kemenangan Barca yang dicetak Joao Felix.

Kemenangan ini membuat Barcelona dipastikan melaju ke fase knockout Liga Champions dengan sisa satu pertandingan. Barca memuncaki klasemen Grup H usai mengoleksi 12 poin, unggul tiga poin dari Porto dan Shakhtar Donetsk yang sama-sama mengumpulkan sembilan poin.

Di matchday 6, Barca akan melawat ke tim lemah Antwerp, yang sudah pasti tersingkir. Sementara itu Porto menjamu Shakhtar.

Jalannya Pertandingan

Pertandingan berlangsung cepat. Kedua klub saling jual beli serangan sejak awal. Barcelona menciptakan peluang pertama saat tembakan Raphinha membuat Diogo Costa melakukan penyelamatan di menit kedelapan.

Mehdi Taremi membobol gawang Barcelona di menit ke-26! Namun, gol itu dianulir karena Taremi sudah dalam posisi offside saat menerima umpan Evanilson.

Namun, hanya empat menit kemudian Porto akhirnya menciptakan gol pembuka untuk mengungguli Barcelona 1-0. Pepe Aquino mengukir namanya di papan skor.

Dari luar kotak penalti, Taremi melepaskan tembakan yang diblok Jules Kounde. Bola rebound dicecar Galeno dengan sepakan kaki kanan, lalu dihalau Inaki Pena. Pepe Aquino menyongson bola rebound dengan tembakan kaki kanan ke sudut bawah gawng Barca.

Barcelona tak butuh waktu lama untuk menciptakan gol balasan. Dua menit berselang, Joao Cancelo membawa Barca menyamakan skor menjadi 1-1.

Pedri mengirim umpan panjang kepada Cancelo di sayap kiri. Pemain Portugal itu mendapatkan ruang dan waktu untuk menggiring bola, lalu memperdaya seorang bek Porto sebelum menuntaskan dengan tendangan kaki kanan ke sudut jauh.

Sebuah peluang bagus tercipta untuk Barcelona di menit ke-35. Tusukan Raphinha diakhiri dengan umpan tarik. Joao Felix yang berdiri di kotak 6 yard menyambut dengan sontekan tapi bola melambung tinggi.

Jelang turun minum, Diogo Costa hampir saja membuat blunder. Operan Costa justru jatuh di jalur Pedri lalu diteruskan dengan tembakan yang diblok. Bola rebound dicecar Raphinha, untung saja tendangannya melebar.

Gantian Porto mengancam. Alan Varela menari di kotak penalti sebelum melepaskan sepakan ke sudut jauh. Inaki Pena melakukan penyelamatan dengan menghalau bola. Skor 1-1 bertahan sampai turun minum.

Barcelona nyaris menciptakan gol kedua hanya sesaat setelah kickoff babak kedua. Joao Felix melepaskan tembakan keras yang gagal dijangkau Diogo Costa. Akan tetapi, bola cuma mengenai mistar gawang Porto sebelum bisa diamankan.

Ronald Araujo melakukan intersepsi krusial. Araujo meluncur untuk menyapu crossing dari sayap kanan agar Taremi tidak dapat melakukan finishing.

Barcelona berbalik unggul. Di menit ke-57, Joao Cancelo menciptakan gol kedua Barca sekaligus mengubah skor menjadi 2-1 atas Porto.

Umpan Frenkie de Jong ditanduk Joao Mario. Felix melakukan kerja sama satu dua dengan Cancelo yang diakhiri dengan crossing mendatar dari sisi kiri kotak penalti. Felix melakukan sontekan dari depan kotak 6 yard ke sudut bawah gawang Porto.

Pertahanan yang bagus dari Barcelona. Dari kemelut di depan gawang, Pepe Aquino mendapatkan bola di dekat tiang tapi bisa digagalkan Inaki Pena dan Kounde. Serangan balik cepat Barca diakhiri Ferran Torres dengan tembakan melengkung yang melebar tipis.

Usaha Barcelona mencetak gol tambahan gagal lagi. Umpan lambung Ilkay Guendogan dari luar kotak penalti disambut Raphinha dengan tendangan salto di sudut sempit. Diogo Costa masih sigap menepis.

Susunan Pemain

Barcelona: Inaki Pena, Inigo Martinez, Joao Cancelo (Balde 82'), Kounde, Araujo, Guendogan, De Jong, Pedri, Raphinha (Lamine Yamal 90'), Joao Felix (Ferran Torres 75'), Lewandowski

Porto: Diogo Costa, Pepe, Fabio Cardoso (Loader 90'), Sanusi, Joao Mario (Sanchez 67'), Estaquio (Nico Gonzalez 81'), Varena, Taremi, Galeno, Pepa Aquino, Evanilson (Conceicao 81')




























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Barcelona Vs Porto: Comeback, Barca Menang 2-1 untuk Lolos ke 16 Besar"