Hagia Sophia

27 December 2023

Southgate Ingin Melatih di Premier League Bila Kontraknya di Timnas Usai

Foto: Getty Images/Sebastian Frej/MB Media

Gareth Southgate berambisi melatih di Premier League lagi. Southgate mengungkap kata-kata Jose Mourinho yang membuatnya percaya diri sanggup melatih di Premier League.

Southgate sudah melatih timnas Inggris sejak 2016. Bersama Southgate, The Three Lions menjalani periode terbaiknya sejak juara Piala Dunia 1966.

Southgate membawa Inggris ke final Euro 2020 dan semifinal Piala Dunia 2018. Sementara di Piala Dunia 2022 lalu, Inggris terhenti di perempatfinal usai disingkirkan Prancis yang kemudian jadi finalis.

Kontrak Southgate di timnas Inggris akan berakhir pada Desember 2024. Euro 2024 kemungkinan akan jadi turnamen besar terakhir Southgate bersama timnas Inggris.

Southgate memberi indikasi siap kembali melatih di Premier League ketika kontraknya di timnas Inggris berakhir. Dia pernah melatih di Premier League dengan menangani Middlesbrough pada 2006-2009.

"Saya masih 35 tahun ketika pertama kali melatih di Premier League. Kami finis posisi ke-12 dan 13 dan saya tidak tahu apa-apa seperti sekarang," ujar Southgate kepada Sky Sports.

"Semua orang akan bicara soal Middlesbrough. "Oh, dia bikin Middlesbrough degradasi'. Well, ya, di tahun ketiga kami degradasi. Tapi saya baru tiga tahun di manajemen Premier League."

"Tidak diragukan lagi, dalam pikiran saya, musim pertama adalah prestasi terbesar, dari kapten/pemain ke mengelola bisnis jutaan paun di liga paling berat di dunia, dan finis cukup oke mengingat anggaran kami."

Southgate lantas mengungkap petuah Jose Mourinho. Menurut pelatih Portugal itu, pengalaman sebagai pelatih Inggris akan menguntungkan Southgate di Premier League.

"Saya pede dengan peran ini. Saya pede dengan apa pun yang mungkin terjadi di masa depan," ucap Southgate.

"Tentu saja saya tidak akan di sini (FA) selama 20-30 tahun. Saya tidak tahu masa depan akan seperti apa. Saya kalem kok."

"Saya ingat bicara dengan Jose (Mourinho) ketika dia di Man United dan dia bilang: 'Kamu tahu, ketika kamu sudah menjalankan peran seperti peranmu saat ini, kamu akan bisa melakukan apa saja'. Sungguh? Saya kira itu mungkin saja benar, tapi setelah menjalaninya selama tujuh tahun, itu benar banget," katanya.



























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Southgate Siap Melatih di Premier League, Ungkap Petuah Mourinho"