Hagia Sophia

27 December 2023

Karena Sleep Apnea, Mantan Atlet China Ini Alami Henti Napas 6 Menit

Foto: Thinkstock

Mantan atlet Olimpiade China Yang Wei mengungkapkan bahwa ia memiliki penyakit pernapasan yang berpotensi mematikan sehingga harus menggunakan ventilator untuk membantunya tidur di malam hari selama sisa hidupnya.

Dalam postingan di akun media sosialnya dikutip dari SCMP, peraih medali emas berusia 43 tahun itu mengatakan dokter telah mendiagnosisnya mengidap sleep apnea, kondisi yang disebabkan oleh penyempitan saluran udara yang menyebabkan dengkuran berat dan tidak bernapas terus-menerus.

Yang mengatakan para ahli medis mengatakan kepadanya bahwa pada beberapa kesempatan, napasnya terhenti hingga enam menit saat tidur, merupakan potensi ancaman terhadap nyawanya sehingga mengharuskan dia menggunakan ventilator.

Yang mulai berlatih sebagai pesenam ketika ia berusia lima tahun dan kariernya yang cemerlang membuatnya memenangkan banyak medali emas dalam kompetisi individu dan tim, termasuk dua di Olimpiade Beijing 2008.

Dia pensiun pada tahun berikutnya dan menikahi pacar lamanya dan mantan pesenam, Yang Yun. Dia sekarang bekerja sebagai influencer dan bintang reality show.

Kasus ini sekali lagi menyoroti kondisi apnea tidur yang umum namun tersembunyi.

Jenis sleep apnea yang paling umum adalah apnea tidur obstruktif, yang terjadi ketika saluran napas bagian atas tersumbat saat tidur. Gejala apnea tidur obstruktif termasuk mendengkur, ngantuk di siang hari dan sakit kepala di pagi hari, kata Tian Chao, dokter pernapasan di Rumah Sakit Shijitan Beijing.

Ada beberapa faktor di balik penyakit ini, kata Tian, termasuk penyempitan berulang dan penyumbatan saluran udara bagian atas saat tidur, yang menyebabkan jeda pernapasan dan ventilasi paru-paru yang tidak memadai.

Kondisi ini pada akhirnya dapat mengakibatkan komplikasi seperti hipertensi, penyakit jantung koroner, diabetes, dan penyakit serebrovaskular, hingga kemungkinan kematian mendadak saat tidur.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Curhat Mantan Atlet China Sempat Henti Napas 6 Menit saat Tidur gegara Sleep Apnea"