Hagia Sophia

27 December 2023

Beberapa Ciri Kanker Usus Stadium Awal

Ilustrasi gejala kanker usus. (Foto: iStock)

Sakit perut merupakan salah satu ciri-ciri kanker usus stadium awal yang mungkin diketahui oleh banyak orang. Namun selain sakit perut, masih ada sejumlah gejala kanker usus stadium awal yang juga tak kalah penting untuk diketahui.

Sama seperti kanker lainnya, kanker usus adalah kondisi yang disebabkan oleh mutasi pada sel, membuatnya tumbuh tidak terkendali dan membentuk tumor ganas. Pada kanker usus, tumor tersebut menyerang sel-sel yang ada di jaringan usus.

Kanker usus sendiri umumnya terbagi menjadi dua jenis, yakni kanker usus besar dan kanker usus halus. Dari keduanya, kanker usus besar merupakan jenis yang paling sering terjadi.

Kanker usus stadium awal memang kerap tidak menunjukkan gejala yang berarti. Terkadang, gejala kanker usus besar mirip dengan kondisi umum, seperti sakit perut, sehingga sering diabaikan. Namun jika sakit perut disertai gejala-gejala lain maka perlu diwaspadai karena bisa menjadi indikasi kanker usus stadium awal. Apa saja gejala-gejala tersebut?

1. Perut Kembung
Selain sakit perut, ciri-ciri kanker usus stadium awal yang kerap terjadi adalah perut kembung. Ketika tumor muncul di usus besar, maka hal ini dapat memengaruhi kebiasaan buang air besar (BAB). Perubahan terhadap kebiasaan buang air besar ini bisa menyebabkan sejumlah gejala, dan salah satunya adalah perut kembung.

Selain perut kembung, perubahan kebiasaan BAB ini pula yang menjadi penyebab gejala sakit dan kram pada perut.

2. Diare
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kanker usus besar dapat menyebabkan perubahan pada kebiasaan BAB. Hal ini pula yang bisa memicu diare pada pengidap kanker usus besar.

Diare sendiri adalah kondisi ketika tinja menjadi sangat cair dan berbentuk kecil. Pengidap diare juga kesulitan menahan keinginan BAB, sehingga bisa bolak-balik ke kamar mandi lebih dari 3 kali dalam sehari.

3. Perubahan Warna pada Tinja
Normalnya, perubahan warna pada tinja adalah hal yang bisa terjadi pada siapa saja. Apalagi, jika sebelumnya mengonsumsi makanan yang bisa memengaruhi warna tinja, seperti buah atau sayuran tertentu.

Namun, perubahan warna pada tinja juga bisa menjadi salah satu indikasi kanker usus stadium awal. Biasanya, tinja pada pengidap kanker usus akan berwarna lebih gelap.

Selain perubahan warna, bentuk tinja juga mengalami perubahan. Pada kanker usus, tinja akan memiliki bentuk yang lebih kecil akibat penyempitan oleh tumor yang terjadi di saluran usus. Jika kedua gejala tersebut muncul, segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

4. BAB Berdarah
Selain perubahan warna dan bentuk tinja, kanker usus stadium awal juga bisa menyebabkan BAB berdarah. Kondisi ini bisa terjadi ketika tumor memicu perdarahan di saluran usus. Selain di saluran usus, perdarahan juga bisa terjadi di rektum. Akibatnya, tinja yang dikeluarkan memiliki warna kemerahan karena tercampur dengan darah.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "4 Ciri-ciri Kanker Usus Stadium Awal, Termasuk Sakit Perut Seperti Ini"