Hagia Sophia

21 February 2024

Beberapa Obat Radang Tenggorokan Alami untuk Dewasa yang Mudah Ditemukan

Ilustrasi radang tenggorokan. Foto: Getty Images/Jajah-sireenut

Rasa sakit saat menelan dapat dirasakan ketika mengalami radang tenggorokan. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mencoba pengobatan alami yang dapat dilakukan dengan mudah di rumah.

Sakit tenggorokan dapat disebabkan oleh infeksi virus maupun faktor lingkungan seperti udara kering. Kondisi radang ini bisa berlangsung selama lima hingga tujuh hari dan biasanya akan hilang dengan sendirinya, dilansir Mayo Clinic.

Meski begitu, rasa nyeri dan kering yang ditimbulkan radang tenggorokan membuat penderitanya tidak nyaman dan ingin segera sembuh dari itu.

Nah, kalau kamu tengah mengalami kondisi ini dan sedang mencari cara mengatasinya, baca artikel ini sampai selesai untuk temukan pengobatan alami radang tenggorokan.

Obat Radang Tenggorokan Alami

Ada sejumlah cara alami menyembuhkan sakit tenggorokan yang dapat kamu lakukan di rumah dengan mudah. Berikut pengobatan rumahan untuk radang tenggorokan, dikutip dari Healthline.

1. Air Garam
Ketika menderita sakit tenggorokan, kamu dapat berkumur dengan air garam untuk bantu meredakannya. Ini disebutkan dapat mengurangi bakteri di tenggorokan dan memecah sekresi. Berkumur dengan air garam juga bisa bantu mengurangi pembengkakan.

Untuk membuat larutan garam, tambahkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas penuh air hangat. Menurut American Osteopathic Association, penderita radang tenggorokan dapat berkumur air garam setidaknya sekali dalam satu jam.

2. Soda Kue
Selain itu, kamu juga dapat berkumur dengan soda kue yang dicampur dengan garam. Berkumur dengan larutan ini juga bisa bantu meredakan radang tenggorokan dengan mengurangi bakteri dan mencegah pertumbuhan jamur.

Kombinasikan ¼ sendok teh (sdt) soda kue dan ⅛ sdt garam dengan segelas air hangat. Lalu berkumurlah dengan larutan tersebut sebanyak tiga sampai empat kali sehari dan bilas mulut dengan air biasa setelahnya.

3. Madu
Menurut literatur tahun 2021, madu lebih efektif dalam meredakan gejala infeksi saluran pernapasan atas dibandingkan pengobatan lain.

Untuk mengatasi radang tenggorokan, kamu dapat mengkonsumsi madu yang dicampur dengan teh atau meminumnya secara sendiri tanpa dicampur apapun.

4. Chamomile Tea
Menurut penelitian 2023, chamomile Tea atau teh bunga kamomil bisa bantu dapat bantu meredakan peradangan pada mata, hidung, dan tenggorokan.

Teh jenis ini juga dapat memberi efek menenangkan. Dengan sifatnya yang antiinflamasi, antioksidan, dan astringen, chamomile tea dapat dikonsumsi untuk meredakan sakit tenggorokan.

5. Peppermint Tea
Berdasarkan tinjauan literatur 2019, teh peppermint memiliki sifat antiinflamasi, antibakteri, dan antivirus. Teh ini juga dikenal dengan kemampuannya dalam menyegarkan napas.

Selain itu, peppermint tea mengandung senyawa mentol yang bantu mengencerkan lendir dan menenangkan sakit tenggorokan juga batuk.

Teh peppermint yang difungsikan untuk radang tenggorokan dapat dibuat dengan mencampurkan daun peppermint kering ke dalam air panas lalu diamkan selama beberapa menit. Setelahnya, teh bisa diminum.

6. Bawang Putih
Bawang putih memiliki sifat antibakteri alami. Bahan ini juga mengandung allicin, senyawa yang dikenal mampu melawan infeksi virus.

Kamu dapat menambahkan bawang putih segara dalam makananmu untuk mengatasi sakit tenggorokan, atau kamu dapat mengunyah satu siung bawang putih.

7. Uap
Udara kering dapat menyebabkan sakit tenggorokan. Karena itu, menambah kelembapan dapat bantu meredakannya, seperti dengan cara menghirup uap. Menghirup uap disebutkan bisa bantu meredakan sakit tenggorokan.

Untuk melakukan uap, kamu bisa menambahkan air panas ke dalam mangkuk. Letakkan handuk di atas kepala dan hadapkan wajah ke arah mangkuk. Di atas mangkuk, kamu dapat menghirup uap yang menyebar dan biarkan masuk melalui mulut dan hidung. Lakukan cara ini selama 10-15 menit.

Perlu diketahui, sederet pengobatan alami di atas dapat bantu meringankan radang tenggorokan ringan. Kalau kamu mengalami sakit tenggorokan yang parah atau semakin parah, ada baiknya untuk segera konsultasikan ke dokter.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "7 Obat Radang Tenggorokan Alami untuk Dewasa, Bisa Dicoba di Rumah"