Hagia Sophia

21 February 2024

Heboh Prakiraan Suhu Kembali Meningkat di 27 Februari-4 Maret, Ini Kata BMKG

Suhu panas di Indonesia. (Foto: Dok. Detikcom)

Ramai berseliweran di media sosial X prediksi Indonesia kembali menghadapi suhu panas di pekan mendatang, yakni 27 Februari sampai 4 Maret 2024. Hal ini diyakini berkaitan dengan gerak semu matahari yang sudah mendekati Zenith Pulau Jawa.

Deputi Bidang Meteorologi, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Guswanto buka suara, dirinya tak sepenuhnya membantah perkiraan tersebut. Sesuai gerak semu matahari, posisi zenith memang berada di atas Pulau Jawa. Namun, titik ekuator indonesia berada di lintang nol derajat.

"Gerak semu Matahari sudah masuk wilayah Indonesia diprakirakan 21 Februari sampai dengan 4 April 2024," kata Guswanto saat dihubungi detikcom, Selasa (20/2/2024).

Saat matahari berada di bagian utara garis khatulistiwa, bumi belahan utara otomatis mengalami musim semi dan panas, sementara bagian bumi selatan bakal masuk ke periode musim gugur dan dingin. Sementara ketika matahari berada di sebelah selatan garis khatulistiwa, bumi bagian selatan masuk ke musim panas dan semi, sementara belahan utara berada di musim gugur dan dingin.

Guswanto meluruskan, posisi Zenith di atas Pulau Jawa tidak selalu berperan besar pada peningkatan suhu. Hanya variasi harian yang berbeda antara suhu di jam tertentu.

Pada periode 27 Februari 2024, wilayah yang berpotensi mengalami kenaikan suhu maksimum harian meliputi:
  • Stasiun Meteorologi Maritim Teluk Bayur, Kota Padang, Sumatera Barat pukul 07.00 WIB mencapai 35,3 derajat Celcius.
  • Stasiun Meteorologi Tanah Merah di Boven Digoel, Papua memprakirakan suhu maksimum harian mencapai 34,0 derajat Celcius.
Secara umum, pada periode Maret 2024, Indonesia akan memasuki masa pancaroba atau peralihan dari musim hujan ke kemarau. Masyarakat diminta untuk mewaspadai risiko cuaca ekstrem di masa pancaroba, termasuk angin kencang, puting beliung, petir, sampai hujan es.

Guswanto menjelaskan puncak musim kemarau diperkirakan tiba pada Juli-Agustus 2024. Wilayah Indonesia akan memasuki musim kemarau secara bertahap mulai Maret, hingga prediksi puncak di Juni.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Viral Prediksi Suhu RI Kembali Panas di 27 Februari-4 Maret, BMKG Buka Suara"