Hagia Sophia

21 February 2024

Berbagai Makanan yang Bisa Nambah Tinggi Badan dan Kesehatan Tulang

Ilustrasi. (Foto: Getty Images/pinstock)

Tinggi badan seseorang sangat bergantung pada genetik atau faktor keturunan. Meski begitu, terdapat sejumlah faktor lain yang ikut memengaruhi. Misalnya, asupan nutrisi yang diperoleh dari makanan penambah tinggi badan yang dikonsumsi sehari-hari.

Faktanya, sejumlah nutrisi yang terkandung dalam makanan tertentu dapat menunjang proses tumbuh kembang. Misalnya, protein, kalsium, vitamin D, magnesium, fosfor, dan lain sebagainya.

Selain mendukung tumbuh kembang anak, nutrisi-nutrisi tersebut juga dibutuhkan oleh mereka yang sudah berhenti tumbuh dan mencapai tinggi maksimal. Pasalnya, protein dan nutrisi penting lain dapat membantu memelihara kesehatan tulang, sendi, hingga memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Makanan yang Bisa Menambah Tinggi Badan

Pertanyaannya, apa saja sih makanan penambah tinggi badan yang kaya akan mikronutrien penting itu? Dikutip dari berbagai sumber, berikut pembahasannya.

1. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan merupakan salah satu makanan yang kaya akan protein. Seperti yang disebutkan sebelumnya, protein merupakan salah satu nutrisi yang berperan dalam tumbuh kembang anak.

Dikutip dari Healthline, protein dapat meningkatkan jumlah faktor pertumbuhan seperti insulin 1(insulin growth factor 1/IGF1) yang penting untuk mengatur pertumbuhan pada anak-anak.

Selain mengandung protein, kacang-kacangan juga kaya akan zat besi dan vitamin B yang dapat melindungi dari risiko anemia, serta mendukung pertumbuhan jaringan.

2. Sayuran berdaunhijau
Sayuran berdaun hijau, seperti bayam, kangkung, kubis, dan arugula, kaya akan nutrisi penting seperti vitamin C, zat besi, kalsium, magnesium, dan kalium (potasium).

Selain itu, sayuran berdaun hijau juga mengandung vitamin K yang dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang guna mendukung tumbuh kembang dan menjaga tinggi badan.

Sebuah studi yang dilakukan terhadap 103 wanita bahkan menemukan, konsumsi sayuran hijau secara rutin dapat mengurangi risiko penurunan massa tulang secara signifikan.

3. Daging ayam
Tak hanya menjadi salah satu sumber protein hewani terbaik, daging ayam juga kaya akan nutrisi esensial yang dibutuhkan tubuh. Terutama vitamin B12 yang berperan penting dalam membantu anak tumbuh lebih tinggi, serta menjaga tinggi badan.

Selain itu, daging ayam juga mengandung taurin yang mengatur pembentukan dan pertumbuhan tulang.

4. Ubi jalar
Ubi jalar merupakan salah satu sumber makanan yang kaya akan vitamin A. Vitamin A dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang, sehingga membantu tumbuh lebih tinggi dan menjaga tinggi badan.

Ubi jalar juga mengandung serat yang dapat mendukung kesehatan sistem pencernaan dan perkembangan bakteri baik di perut. Jika kesehatan bakteri tersebut terjaga dengan baik, maka semakin banyak pula vitamin dan mineral yang dapat diserap tubuh untuk menunjang tumbuh kembang.

5. Telur
Di balik ukurannya yang kecil, telur adalah makanan yang kaya akan nutrisi. Salah satunya adalah protein. Satu butir telur saja dapat mengandung hingga 6 gram protein.

Tak hanya itu, telur juga mengandung vitamin dan mineral yang penting untuk pertumbuhan, termasuk vitamin D yang berfungsi untuk meningkatkan penyerapan kalsium dan menjaga kesehatan rangka.

Sebuah studi juga mengungkapkan anak yang mengonsumsi telur setiap hari mengalami peningkatan tinggi badan setiap bulan.

6. Buah beri
Buah beri, seperti blueberry, stroberi, blackberry, dan raspberry, mengandung vitamin C yang mendukung pertumbuhan sel dan perbaikan jaringan dalam tubuh.

Vitamin C juga meningkatkan sintesis kolagen. Sebuah studi menyebutkan kolagen dapat meningkatkan kepadatan dan kesehatan tulang, sehingga membantu tubuh untuk tumbuh lebih tinggi.

7. Daging ikan
Daging ikan mengandung nutrisi penting untuk mendukung proses tumbuh kembang. Misalnya, vitamin D yang dapat meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh sehingga mendukung kesehatan tulang.

Daging ikan tertentu, seperti salmon, juga kaya akan asam lemak omega-3. Sejumlah studi menunjukkan asam lemak omega-3 dapat berperan dalam menunjang kesehatan tulang, serta mendukung proses pergantian tulang (bone turnover) sehingga memaksimalkan pertumbuhan.

8. Quinoa
Kerap disebut sebagai 'superfood', quinoa merupakan salah satu jenis makanan nabati yang mengandung protein lengkap. Artinya, biji-bijian ini mengandung sembilan asam amino penting yang dibutuhkan tubuh.

Quinoa juga kaya akan magnesium yang berperan dalam membantu meningkatkan kepadatan mineral tulang. Selain itu, quinoa juga mengandung mangan, folat, dan fosfor yang tak kalah penting untuk menyokong kesehatan tulang.

9. Yogurt
Selain mengandung protein tinggi, beberapa jenis yogurt juga mengandung probiotik yang menunjang pertumbuhan bakteri baik di perut. Tak hanya itu, sejumlah studi juga menunjukkan probiotik dapat meningkatkan sistem imun, mengurangi peradangan, serta membantu meningkatkan tumbuh kembang pada anak.

Yogurt juga mengandung nutrisi penting lain yang terlibat dalam metabolisme tulang, termasuk di antaranya kalsium, magnesium, fosfor, dan kalium.

10. Produk susu rendah lemak
Susu dan produk turunannya merupakan sumber kalsium dan vitamin B yang dibutuhkan untuk perkembangan tulang. Tak hanya itu, beberapa produk olahan susu, seperti yogurt dan keju, mengandung protein tinggi yang membantu menjaga kadar hormon IGF-1 dalam tubuh. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, IGF-1 ini merupakan hormon yang penting untuk mengatur pertumbuhan pada anak-anak.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "10 Makanan untuk Menambah Tinggi Badan dan Menjaga Kesehatan Tulang"