Hagia Sophia

16 February 2024

Bersama Space X, Mongolia Akan Luncurkan Satelit Pertamanya

Foto: Dok. SpaceX

Mongolia berencana meluncurkan satelit telekomunikasi nasional pertama mereka. Dalam peluncuran ini, Pemerintah Mongolia berencana menggandeng SpaceX sebagai mitra peluncuran.

Rencana ini muncul setelah sebelumnya Mongolia memberi lisensi untuk SpaceX dalam menyediakan layanan internet menggunakan dua satelit orbit rendah Starlink di Mongolia.

Langkah tersebut memungkinkan akses koneksi internet berkecepatan tinggi bagi jutaan pengguna internet di Mongolia dengan kehadiran Starlink seperti dilansir detikINET dari Reuters.

"Investasi SpaceX di Mongolia menunjukkan kepercayaan kepada mereka dalam transformasi digital dan program pembangunan berkelanjutan," ungkap Menteri Komunikasi Mongolia, Nyam Osor.

Saat ini layanan Starlink di Mongolia direncanakan akan mulai beroperasi pada akhir Februari. Starlink diketahui memiliki lebih dari 3.500 satelit di orbit rendah. Seluruh satelit difokuskan untuk menyediakan konektivitas di daerah-daerah terpencil.

Satelit komunikasi pertama Mongolia itu saat ini sedang dibangun oleh perusahaan asal Prancis, Thales Alenia Space. Nantinya, satelit tersebut digunakan untuk meningkatkan sistem manajemen bencana dan tanggap darurat di Mongolia.

Selain itu, satelit ini juga akan digunakan untuk meningkatkan akses internet broadband yang ditujukan untuk mendukung sistem pendidikan di Mongolia.

"Ini menunjukkan komitmen Mongolia untuk mendorong industri ruang angkasa mandiri yang berkembang dan mengejar masa depan digital yang didorong oleh inovasi mutakhir," tambah Nyam Osor.

Pemerintah Mongolia juga berencana memajukan Mongolia dari aspek digital dengan meluncurkan layanan 'E-Mongolia' 2021 lalu sebagai layanan pemerintahan secara digital. Layanan ini mengadopsi sistem layanan digital pemerintah yang sudah ada di Estonia dan Singapura.

Mongolia diketahui melakukan lompatan besar dengan memiliki proram Vision 2050 sebagai rencana pembangunan jangka panjang negara tersebut yang akan memanfaatkan teknologi digital yang sangat modern.


























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Mongolia Mau Gandeng SpaceX Luncurkan Satelit Pertama Mereka"