Hagia Sophia

16 February 2024

Cerita Petugas KPPS: Gaji Lumayan, Tak Sebanding dengan Capeknya

Anggota KPPS sebelum pemungutan suara. (Foto: Rifkianto Nugroho)

Menjadi petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) ternyata tak seindah meme-meme viral yang menyebut pekerjaan ini sebagai kriteria 'mantu idaman'. Persoalan kesehatan petugas KPPS menjadi sorotan, terlebih sudah banyak yang tumbang, dirawat bahkan meninggal dunia.

Salman (22) petugas KPPS di TPS 3 Kelurahan Banta-bantaeng, Kota Makassar tak menyangka perhitungan surat suara akan sangat lama, menyita waktu dan bahkan energinya. Dia sudah tak tidur selama dua hari menyiapkan Pemilu sampai perhitungan surat suara.

"Ya lumayan gajinya, tapi tidak sebanding sama capeknya," ungkapnya kepada detikcom, Kamis (15/2/2024).

Walau di TPS-nya tak ada yang sampai dibawa ke fasilitas kesehatan, berbeda di TPS sekitarnya. Banyak yang tumbang dan pingsan karena kelelahan bekerja sampai pagi demi menghitung surat suara.

"Di tempatku baru selesai jam 12 siang. Itu untuk rekapitulasi data sampai pengiriman kotak suara," terangnya.

Hal yang sama juga dirasakan Yasmin (28) yang harus lembur sampai pukul 3 pagi menghitung surat suara. Tantangan terberat menurutnya saat memastikan data cocok dan tidak ada kesalahan.

Terlebih saat menghitung dan merekap surat suara anggota DPR, DPD dan DPRD Provinsi, dan DPRD Kota/Kabupaten yang ternyata cukup banyak. Belum lagi aplikasi untuk mengunggah hasil tersebut sempat down dan tak bisa diakses sehingga membutuhkan waktu lebih lama dalam penyelesaiannya.

"Seru sih tapi capek banget, cuman sekarang agak nggak enak badan aja jadi harus istirahat penuh," ungkap Yasmin.

Kelelahan atau fatigue adalah kondisi saat seseorang merasa lelah, lesu, atau kurang tenaga. Kondisi ini berbeda dengan sekadar merasa ngantuk.

Meskipun kelelahan merupakan respons normal terhadap stres atau seharian bekerja keras, kondisi ini bisa berdampak negatif bagi kesehatan jika tidak segera ditangani.

Spesialis jantung dan pembuluh darah, dr Vito A Damay, SpJP(K), MKes, AIFO-K, FIHA, FICA, FAsCC, mengatakan terlalu lelah sebenarnya tidak membuat seseorang meninggal. Namun jika terjadi pada orang dengan kondisi medis, kelelahan bisa berujung fatal.

"Paling sering ya masalah jantung. Apalagi dengan riwayat hipertensi yang merupakan faktor utama serangan jantung," kata dr Vito.

Beberapa tanda kelelahan yang harus diwaspadai yakni:
  • Tidak merespon dengan baik saat dipanggil
  • Tidak nyambung saat diajak berbicara
  • Tidak bisa makan


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Definisi 'KPPS Mantu Idaman', Rela Tumbang Hitung Suara Sampai Pagi"