Hagia Sophia

01 April 2024

Sering Dikonsumsi untuk Buka Puasa, Adakah Manfaat Timun Suri untuk Kesehatan?

Timun suri kerap jadi incaran untuk menu buka puasa. (Foto: Grandyos Zafna)

Timun suri merupakan salah satu buah yang kerap disantap saat berbuka puasa. Biasanya, buah ini diolah menjadi minuman es yang manis dan menyegarkan.

Tak hanya itu, menyantap timun suri juga diyakini dapat menggantikan cairan atau elektrolit yang hilang setelah berpuasa seharian, sehingga mencegah terjadinya dehidrasi. Apakah benar timun suri memiliki khasiat demikian?

Dokter spesialis penyakit dalam dr Mario Budi Purwanegara T, SpPD, KGEH, mengatakan hingga saat ini belum ada bukti ilmiah yang mendukung manfaat timun suri tersebut. Menurutnya, efek tersebut kemungkinan berasal dari sugesti yang diyakini seseorang saat mengonsumsi timun suri.

Artinya, seseorang hanya merasakan efek plasebo dari kandungan tersebut.

"Itulah saya bilang kita harus tahu dulu kandungannya apa di dalam timun suri, kalau dia puasa dia kan dehidrasi, kalau misalnya disebutkan untuk membantu itu aku rasa perlu penelitian lebih lanjut, pastinya ilmiah, bukan bicara katanya," ungkapnya kepada detikcom beberapa waktu lalu.

dr Mario menekankan hal-hal seperti itu harus terlebih dahulu dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan pada sejumlah populasi. Hasil penelitian itulah yang nantinya meyakinkan pada tenaga medis untuk mendukung manfaat tersebut, sehingga bisa dikonsumsi dengan aman oleh masyarakat.

"Kalau kita sebagai seorang ilmiah kalau belum ada bahasan penelitian, kita masih bilang ragu-ragu. Tetapi kalau sudah ada penelitian, ya kita baru bilang itu bisa membantu, tetapi kalau belum ada selama ini penelitian, itu katanya saja, awamnya saja, kita tetap berpijak ke arah ilmiah," terangnya.

"Saya saran, mungkin bagus ada penelitian-penelitian lagi. Seperti dulu, katanya buah jambu merah bisa meningkatkan trombosit, kan bertanya orang, ternyata betul ada peningkatan walaupun tidak ada perbedaan signifikan. Jadi ini masih sugesti saja perlu penelitian lebih lanjut," pungkasnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Sering Jadi Takjil untuk Buka Puasa, Apakah Timun Suri Bermanfaat untuk Kesehatan?"