Hagia Sophia

01 April 2024

Cara Sederhana untuk Hindari Ngantuk, Tidak Harus Minum Kopi

Ilustrasi kopi. (Foto: iStock)

Kopi merupakan salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Selain memiliki cita rasa yang khas dan nikmat, kopi juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan.

Salah satu khasiat kopi yang paling dicari adalah untuk meningkatkan energi dan fokus. Tak jarang, orang mengonsumsi kopi dagar bisa lebih fokus saat bekerja, belajar, dan lain sebagainya.

Meski begitu, tak harus selalu kopi untuk menjadi solusi meningkatkan energi. Ada sejumlah cara lain yang bisa dijajal untuk meningkatkan energi dan fokus selain dengan menyeruput kopi.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut cara sederhana untuk meningkatkan energi yang bisa dilakukan.

1. Minum air
Terkadang, kelelahan dan sulit fokus bisa disebabkan oleh dehidrasi. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan kebutuhan cairan tubuh terpenuhi dengan baik setiap hari.

Normalnya, orang dewasa dianjurkan untuk minum 8 gelas air, atau sekitar 2 liter per hari. Namun, jumlah tersebut bisa lebih banyak tergantung tingkat aktivitas, usia, lingkungan, kondisi kesehatan, dan lain-lain.

2. Makan secara teratur
Pola makan yang berantakan dapat membuat tubuh kekurangan energi, sehingga memengaruhi kemampuan untuk berkonsentrasi. Karenanya, penting untuk selalu memerhatikan jenis makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Misalnya, mengonsumsi makanan yang kaya akan serat dan protein. Serat dapat membantu memperlambat penyerapan karbohidrat oleh tubuh dan mencegah sugar crash. Sementara, protein dapat memberikan energi yang dibutuhkan tubuh untuk bisa beraktivitas.

Adapun jenis makanan yang direkomendasikan di antaranya buah-buahan, sayur-sayuran, telur, yogurt rendah lemak, dan kacang-kacangan.

3. Minum teh hijau
Jika bosan dengan kopi, maka detikers bisa mengonsumsi teh hijau sebagai alternatif. Selain mengandung sejumlah kafein, teh hijau juga kaya akan antioksidan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Tak hanya itu, teh hijau juga mengandung senyawa bernama L-Theanine yang dapat menyeimbangkan efek kafein dan membuat tubuh menjadi rileks.

4. Perbanyak aktivitas fisik
Mulai kehilangan fokus saat bekerja atau menatap komputer? Cobalah untuk berdiri dan berjalan-jalan sebentar untuk meningkatkan energi.

Sebuah penelitian menemukan olahraga singkat dengan intensitas sedang dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi kelelahan tanpa berdampak negatif pada kinerja kerja.

5. Mengunyah permen karet
Mengunyah permen karet terbukti dapat meningkatkan kewaspadaan dan membantu seseorang lebih fokus mengerjakan suatu tugas. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada 2019, peneliti menemukan orang yang mengunyah permen karet sambil mempelajari pelajaran fisiologi selama 20 menit lebih 'melek' dibandingkan mereka yang tidak mengunyah.

6. Menghindari gadget sebelum tidur
Penelitian menunjukkan penggunaan gadget sebelum tidur dapat merusak kualitas istirahat. Akibatnya, tubuh menjadi kekurangan energi dan merasa loyo keesokan hari.

Sebuah studi yang dilakukan pada 2015 menunjukkan orang yang membaca e-book di smartphone memiliki tingkat kewaspadaan yang lebih rendah keesokan hari, dibandingkan dengan orang yang membaca buku biasa. Tak hanya itu, membaca di smartphone juga dapat membuat seseorang lebih sulit terlelap.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Nggak Melulu Ngopi, Ini 6 Cara untuk Meningkatkan Energi dan Tetap Melek"