Hagia Sophia

01 April 2024

Ciri Orang yang Miliki Kecerdasan Emosional Tinggi Menurut Mantan Agen CIA

Ilustrasi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Panuwat Dangsungnoen)

Orang dengan kecerdasan emosional tinggi dapat terlihat dari perkataan dan tindakan saat berinteraksi dengan orang lain.

Kecerdasan emosional atau emotional intelligence adalah kemampuan seseorang untuk mengidentifikasi serta mengelola emosi diri sendiri dan orang lain. Orang yang cerdas secara emosional sangat sadar akan keadaan emosi mereka sendiri, bahkan emosi negatif, seperti frustrasi atau kesedihan.

Rupal Patel, mantan agen Badan Intelijen Pusat Amerika Serikat (CIA), menyatakan bahwa selama kariernya, kecerdasan emosional memainkan peran kunci dalam meraih kesuksesan dalam berinteraksi.

"Dalam karier saya di CIA, saya memberi pengarahan kepada presiden, pembuat kebijakan, pekerja bantuan, unit operasi khusus, dan duta besar," katanya, seperti yang dikutip dari CNBC, Minggu(31/3/2024).

Menurutnya, agar dapat mencapai dan memahami orang lain, diperlukan kemampuan berbicara dalam bahasa yang dapat mereka pahami dan menyesuaikan tingkah laku sesuai dengan kebutuhan mereka.

"Misalnya, ketika Presiden Barack Obama meminta representasi grafis dari sebuah laporan tertulis, itulah yang dia dapatkan," ujarnya.

Ciri Kecerdasan Emosional Tinggi

Dari pengalaman Patel, orang-orang yang memiliki kecerdasan emosional tinggi menunjukkan beberapa tanda-tanda khusus saat berbicara dan berinteraksi dengan orang lain, di antaranya:

1. Tidak terintimidasi oleh 'nama besar'
Orang yang memiliki kecerdasan emosional tidak terpengaruh oleh seberapa pentingnya orang-orang di sekitar. Misal ada kehadiran bos atau klien berprofil tinggi, dia akan mengabaikan latar belakang itu dan fokus pada penyampaian pesan. Orang tersebut memperlakukan semua dengan kebaikan dan rasa hormat, tidak peduli apa jabatan mereka.

2. Berlatih dan Mempersiapkan Diri
Misalnya, sebelum presentasi atau pertemuan penting, orang yang memiliki kecerdasan emosional akan melatih penyampaian mereka, bukan kecemasan mereka.

"Jika Anda fokus pada saraf, Anda akan merasa gugup. Namun, jika Anda fokus pada isi dan penyampaian kata-kata, Anda akan mendapatkan hasil yang luar biasa," Jelas Patel.

3. Memiliki Sudut Pandang
Ketika orang dengan kecerdasan emosional tahu bahwa dia mengatakan sesuatu tidak berjalan baik atau tidak seperti yang diinginkan, akan menganggap itu bukanlah akhir dari segalanya.

4. Mereka Mulai dengan Hal Kecil dan Tanpa Risiko Besar
Orang dengan kecerdasan emosional tinggi memahami bahwa selalu ada ruang untuk meningkatkan diri, tidak lari dari ketidaknyamanan mereka.

5. Memimpin dengan Kelebihan
Orang dengan kecerdasan emosional memahami jenis media dan gaya komunikasi mana yang paling cocok untuk mereka,sehingga dapat menyesuaikan pesan dengan situasi yang ada.

6. Tahu apa yang diinginkan
Orang dengan kecerdasan emosional berbicara dengan tujuan yang jelas.

"Apakah Anda memiliki tujuan untuk dipromosikan atau meningkatkan karier? Meningkatkan organisasi atau bisnis? Mendukung tujuan yang Anda pedulikan? Keluar dari zona nyaman?" katanya.

Patel menegaskan bahwa berbicara dan menyampaikan pendapat kepada orang lain bukan sekadar mengeluarkan kata-kata secara verbal. Sebaliknya, hal ini melibatkan penggunaan kekuatan dalam diri dan mengungkapkan hal-hal yang penting bagi diri sendiri.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Begini 6 Ciri Orang Punya Kecerdasan Emosional Tinggi Menurut Eks Agen CIA"