Hagia Sophia

01 April 2024

Pria Pipis Jongkok Lebih Sehat Dibandingkan Berdiri, Ini Alasannya

Pria pipis jongkok lebih sehat ternyata (Foto: Getty Images/vchal)

Dalam keseharian masyarakat modern, laki-laki buang air kecil alias pipis lazimnya dalam posisi berdiri. Namun anggapan bahwa pipis jongkok lebih menyehatkan bagi laki-laki ternyata dapat dijelaskan secara medis.

Hal ini disampaikan dr Samyca Jusuf, SpU, urolog dari RS Abdi Waluyo, di sela media briefing di Jakarta Pusat, baru-baru ini. Menurutnya, riset yang pernah dilakukan memang menunjukkan adanya manfaat pipis jongkok pada laki-laki.

"Salah satu penelitian di Jepang menunjukkan bahwa posisi berkemih dalam posisi duduk di mana sebenarnya posisi otot panggul itu lebih rendah ketimbang lututnya, itu memiliki manfaat yang lebih baik, ketimbang berkemih dalam posisi berdiri," kata dr Samyca.

Sementara itu, dikutip dari MensHealth, sebuah penelitian tahun 2014 di Leiden University Medical Center membuktikan laki-laki yang pipis dalam posisi duduk bisa mengosongkan kandung kemih dengan lebih cepat dan efisien dibanding dalam posisi berdiri.

Penjelasan ilmiah di balik temuan tersebut adalah relaksasi otot-otot yang terlibat. Otot di sekitar panggul dan tulang belakang akan aktif saat berdiri, dan rileks saat duduk. Namun tampaknya, penjelasan sebenarnya tidak serumit itu.

"Sebenarnya sih itu masalah tekanan saja kan ya, itu kan secara fisika aja sebenarnya," kata dr Samyca.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Terjawab! Ini Alasan Laki-laki Pipis Jongkok Lebih Sehat dibanding Berdiri"