Hagia Sophia

19 January 2023

Ini yang Sebaiknya Dikonsumsi untuk Menetralisir Makanan Berminyak

Makanan yang diyakini bisa menetralisir minyak. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Tuayai)

Baru-baru ini, viral sajian nasi yang disengaja dicampur dengan minyak. Sajian tersebut terlihat dipenuhi minyak yang sangat berlebih.

"Dikasih makan nasi minyak karena penyajiannya itu full minyak goreng," demikian narasi dalam video viral jual nasi minyak, seperti dilihat detikcom Selasa (17/1/2023).

Dikutip dari Style Craze, makanan yang berminyak sangat tinggi kalori, lemak trans, dan lemak jenuh. Hal ini dapat meningkatkan risiko obesitas dan lonjakan kadar kolesterol, meningkatkan risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung, serta meningkatkan tekanan darah.

Gejala normal usai mengkonsumsi makanan berminyak seperti kembung dan mengalami gangguan pencernaan. Meski begitu, risiko tersebut masih bisa dicegah dengan mengkonsumsi beberapa makanan yang bisa menetralisir kandungan minyak yang masuk ke dalam tubuh.

Berikut beberapa hal yang bisa dikonsumsi untuk pulih dari efek makanan berminyak, yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Minum air hangat

Minum air hangat setelah mengkonsumsi makanan berminyak membantu menangkan dan mengaktifkan sistem pencernaan. Air ini berfungsi untuk membawa nutrisi dan produk limbah.

Minum air hangat ini membantu memecah nutrisi menjadi bentuk yang mudah dicerna. Jika tidak cukup air, usus kecil akan menyerap air dari makanan untuk pencernaan, menyebabkan dehidrasi, hingga sembelit.

2. Mengkonsumsi minuman detoks

Minuman detoks dapat membantu membuang racun yang terkumpul di dalam tubuh setelah mengkonsumsi makanan berminyak. Beberapa peneliti menyarankan bahwa program detoksifikasi atau minuman detoks membantu melepaskan racun dan membantu penurunan berat badan, tetapi studi ini tidak konklusif.

Sebuah studi pada wanita Korea menunjukkan bahwa minum jus lemon atau mengikuti diet detoks lemon mengurangi lemak tubuh dan meningkatkan resistensi insulin.

3. Konsumsi buah dan sayur

Mengkonsumsi buah dan sayur membantu menyediakan vitamin, mineral, dan serat yang cukup bagi tubuh untuk melakukan berbagai proses. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan berminyak yang tidak mengandung serat dan mikronutrien esensial serta tinggi lemak jenuh dan trans dapat menyebabkan sembelit.

Mulailah dengan mencoba semangkuk salad dan sayuran segar untuk melanjutkan suplai nutrisi penting ke tubuh.

4. Teh hijau

Selain air hangat, teh hijau yang kaya flavonoid menambahkan antioksidan yang akan membantu menyeimbangkan beban oksidatif pada sistem pencernaan. Oksidatif ini adalah kondisi yang terjadi karena makanan berminyak.

5. Kacang dan biji-bijian

Cara lain yang bisa dilakukan untuk memberikan perlindungan pada tubuh setelah mengkonsumsi makanan berminyak adalah dengan makan kacang-kacangan dan biji-bijian. Caranya bisa dengan makan beberapa kacang almond, kenari, dan biji chia sebagai camilan di sela waktu makan.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kebanyakan Kuliner Makanan Berminyak? 5 Cara Ini Diyakini Bisa Netralisir Lemak"