Hagia Sophia

19 January 2023

Mungkinkah Kolesterol Disembuhkan? Ini Faktanya

Apakah Kolesterol Bisa Sembuh? (Foto: Thinkstock)

Memiliki kadar kolesterol yang tinggi di dalam darah ternyata sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Banyak pengidap merasa khawatir penyakit ini bisa menurunkan kualitas hidup di masa mendatang. Lantas, apakah kolesterol bisa sembuh sepenuhnya?

Sebenarnya tubuh membutuhkan kolesterol untuk membuat hormon, vitamin D, dan zat yang membantu ketika mencerna makanan. Tetapi, jika terlalu banyak kolesterol di dalam darah dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, serangan jantung, atau stroke.

Kadar kolesterol tinggi dapat berkembang selama periode waktu tertentu karena beberapa faktor yang berhubungan dengan gaya hidup, seperti kebiasaan makan yang tidak sehat, kurangnya aktivitas fisik, merokok, dan obesitas.

Apakah Kolesterol Bisa Sembuh Total?

Dikutip dari Wellthy Care, sampai saat ini tidak ada obat yang dapat menyembuhkan kolesterol tinggi. Meskipun demikian, kolesterol dapat diturunkan dengan menerapkan perubahan gaya hidup untuk mengontrolnya.

Menurut ahli jantung di All India Institute of Medical Science di New Delhi, dr Nitish Naik, pola makan sehat, aktivitas fisik teratur, dan berat badan optimal tetap menjadi landasan untuk mengendalikan kolesterol.

"Obat-obatan juga memainkan peran penting pada banyak pasien. Namun, tidak boleh disalahartikan bahwa begitu kadar kolesterol telah dinormalisasi dengan bantuan obat-obatan, gaya hidup tidak lagi berperan dalam mengelola hal yang sama. Padahal, gaya hidup sehat adalah cara terbaik untuk mengurangi risiko penyakit jantung," ujar dr Naik.

Makanan yang diolah atau kaya akan lemak jenuh dan lemak trans dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL (low-density lipoprotein) yang menumpuk di dinding pembuluh darah. Ini akan menghalangi aliran darah, yang pada akhirnya meningkatkan risiko penyakit jantung. Karenanya, usahakan untuk menghindari makanan seperti pizza, burger, permen, makanan asin, dan daging merah.

Makanan yang kaya akan kolesterol HDL (high-density lipoprotein) adalah makanan yang membantu menyingkirkan kolesterol jahat. Pastikan makan makanan seperti buah zaitun, kacang tanah, dan alpukat untuk meningkatkan kolesterol baik. Selain itu, makan yang kaya sayuran dan buah-buahan juga meningkatkan kadar kolesterol baik. Makanan berserat membantu menurunkan tingkat penyerapan kolesterol LDL dalam aliran darah.

Kurangi tingkat stres, karena stres berkepanjangan meningkatkan kadar homosistein, asam amino yang dikaitkan dengan peningkatan kolesterol dan risiko penyakit jantung. Nikmati aktivitas yang menghilangkan stres seperti yoga dan meditasi. Selain itu, berhenti merokok, batasi konsumsi alkohol, dan cukup tidur. Fokus pada penurunan berat badan, ini tidak hanya akan membuat tetap bugar tetapi juga membantu mengurangi kadar kolesterol.

Jadi, apakah kolesterol bisa sembuh sepenuhnya? Jawabannya tidak, namun kadar kolesterol yang tinggi dapat dikendalikan dengan pilihan yang tepat. Makan makanan sehat, berolahraga secara rutin, dan tidak merokok adalah cara yang tepat untuk menurunkan kolesterol secara alami.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Apakah Kolesterol Bisa Sembuh? Faktanya Sih Begini"