Hagia Sophia

19 January 2023

Sering Jalani Hidup Tak Sehat, Kim Jong Un Alami Krisis Paruh Baya

Presiden Korea Utara Kim Jong Un. (Foto: Korean Central News Agency/Korea News Service via AP, File)

Presiden Korea Utara Kim Jong Un disebut mengalami krisis paruh baya. Itu membuatnya menjalani gaya hidup yang tak sehat, mulai dari mengkonsumsi anggur merah hingga minuman bersoda.

Dari laporan yang beredar di beberapa media, krisis paruh baya itu membuat Kim Jong Un kerap menangis dan minum alkohol sepanjang hari. Di usia 39 tahun ini, ia juga sering mengkhawatirkan kondisi kesehatannya.

"Dia mungkin lebih merasa fana sekarang dibanding tiga tahun lalu. Dan, dia juga menderita COVID-19 awal tahun ini," ujar pengamat Korea Utara sekaligus peneliti pasca-doktoral Universitas Kookmin, Peter Ward, yang dikutip dari laman The Telegraph, Rabu (18/1/2023).

Hal serupa juga diungkapkan pengamat studi Korea Utara yang berbasis di Seoul, Choi Jinwook. Ia mengatakan Kim Jong Un mengalami kecemasan dan merasa kesepian.

"Pemimpin (Korut) menghadapi kecemasan baru terkait kesehatan dan keselamatan dia menjelang usia 40," jelas Choi.

"Saya dengar dia menangis setelah banyak minum. Dia kesepian dan dalam tekanan," lanjutnya.

Melihat kondisinya itu, dokter pribadi dan istrinya meminta agar Kim Jong Un berhenti mengkonsumsi minuman yang bisa mengganggu kesehatannya. Dokter juga menyarankan agar Kim Jong Un mulai rutin berolahraga.

Meski sangat penting, saran-saran itu hanya diabaikan oleh Kim. Namun, di satu sisi Kim Jong Un sangat khawatir jika berita soal kesehatannya bocor ke media.

Bahkan, untuk mencegah kebocoran informasi tentangnya, Kim sampai harus menggunakan toilet khusus agar kotorannya tidak bisa diselidiki mata-mata.

Isu Sudah Muncul pada Desember 2021

Sebelumnya, isu kesehatan Kim Jong Un telah mencuat sejak lama. Pada Desember 2021, beredar foto yang menunjukkan pemimpin Korea Utara itu terlihat kurus saat menghadiri rapat Pleno Komite Sentral Partai Buruh.

Pada 2020, Kim bahkan sempat 'menghilang' dari publik dan memicu spekulasi liat soal kondisinya. Bahkan, beberapa media mengklaim Kim meninggal dunia akibat kesalahan saat operasi.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kim Jong Un Disebut Alami Krisis Paruh Baya, Sering Mabuk dan Nangis"