Hagia Sophia

19 January 2023

Tips Hilangkan Pegal-pegal di Kaki

Ilustrasi pegal kaki. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Staras)

Kaki terasa pegal mungkin karena melakukan banyak pekerjaan seperti berjalan, berdiri untuk waktu yang lama, atau pun berolahraga. Oleh karena itu, perlu untuk mengetahui cara menghilangkan pegal-pegal di kaki.

Sakit kaki ialah keluhan yang sangat umum. Masalah dengan persendian kaki, kehamilan, keseleo atau penggunaan sepatu yang salah dapat menyebabkan nyeri di kaki.

6 Cara Menghilangkan Pegal-pegal di Kaki

Dikutip dari laman Healthline dan Medical News Today, berikut ini cara menghilangkan pegal-pegal di kaki yang bisa dicoba di rumah.

1. Rendam Kaki dengan Air Hangat
Merendam kaki menggunakan air hangat dengan menambahkan garam epsom, yang biasa dipakai campuran air berendam, dapat meredakan nyeri otot dan bahkan mengurangi pembengkakan di kaki. Tidak disarankan menggunakan baking soda, sebab bahan ini tidak menghilangkan rasa sakit ataupun bengkak di kaki.

Rendam kaki dengan campuran satu cangkir garam epsom ke dalam bak berisi air hangat. Lakukan hal tersebut selama dua puluh menit. Hal tersebut membantu otot di kaki menjadi lebih rileks.

2. Lakukan Beberapa Peregangan
Melakukan beberapa latihan peregangan untuk membantu meredakan kaki yang sakit. Rasa pegal mungkin saja muncul karena kurangnya dalam melakukan pergerakan.

Targetkan bagian kaki seperti jari kaki dan tumit, atau mungkin seluruh area kaki, latihan ini dapat mencegah kram dan meningkatkan fleksibilitas. Peregangan ini membantu untuk meregangkan otot dari kondisi yang terlalu tegang.

3. Berlatih Penguatan Kaki
Menjaga kaki tetap lentur dan kuat adalah kunci untuk menghindari rasa sakit di kaki. Berjalan secara teratur untuk berolahraga sebenarnya cara terbaik untuk menjaga kaki tetap lentur dan sehat.

Hindari terlalu banyak duduk. Gunakan pedometer atau alat portabel yang dapat menghitung tiap langkah orang untuk membantu memastikan cukup berjalan dan menjaga kaki tetap aktif.

4. Lakukan Pijatan Kaki
Melakukan pijatan di area yang terasa pegal bisa dilakukan sebagai cara untuk mengatasi rasa pegal pada kaki. Dengan pijatan bisa membantu meredakan nyeri, meningkatkan sirkulasi pada kaki, menghilangkan kaku otot, dan mengurangi pegal.

Pijatan perlu dilakukan dengan tenaga yang pas, jangan terlalu pelan dan jangan terlalu kuat karena bisa menimbulkan rasa sakit. Cobalah lakukan dengan pijatan sendiri di area kaki yang pegal atau meminta bantuan orang sekitar untuk memijat bagian yang pegal tersebut

5. Ganti Sepatu
Sepatu yang kamu gunakan bisa menjadi salah satu penyebab rasa sakit di kaki. Mengenakan sepatu melebihi masa pakainya, model sepatu yang salah, atau ukuran sepatu yang salah juga dapat berdampak pada kesehatan kaki.

Ingatlah ukuran kaki dapat berubah selama hidup bahkan ketika sudah dewasa karana dapat melebar seiring waktu. Pertimbangkan untuk membeli sepatu baru yang pas agar kaki tidak sakit. Sepatu yang memberikan lengkungan yang tepat, dapat memberikan kenyamanan pada kaki. Selain itu, kenakan sepatu yang cocok untuk aktivitas seperti sepatu kets saat berolahraga.

6. Rendam Kaki dengan Air Es
Es ternyata dapat mengurangi peradangan yang menyebabkan rasa sakit. Oleskan kaki yang sakit dengan mengisi kantong plastik berisi es atau kompres area yang terasa sakit selama 5-15 menit beberapa kali sehari untuk membantu mengurangi peradangan.

Biasanya pegal terjadi setelah melakukan serangkaian aktivitas fisik yang berat, maka bisa mengaplikasikan dengan cara ini. Hal ini bisa membantu menghilangkan rasa pegal dengan membuat area tersebut menjadi mati rasa.

Perlu diingat, cara menghilangkan pegal-pegal di kaki secara alami hanya membantu dalam meredakan atau menghilangkan rasa sakit dengan penyebab umum. Segera konsultasi dengan dokter jika pegal di kaki yang kamu alami tidak kunjung sembuh selama beberapa minggu.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "6 Cara Menghilangkan Pegal-pegal di Kaki, Mudah Dilakukan di Rumah"