Hagia Sophia

14 January 2023

Saran WHO Terkait Pemakaian Masker Ditengah Merebaknya Omicron XBB.1.5

Foto: Agung Pambudhy

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyoroti subvarian Omicron XBB.1.5 atau yang kini disebut varian 'Kraken'. Disebutkannya, subvarian Omicron ini merupakan varian Corona yang paling menular. Menghadapinya, WHO merekomendasikan penggunaan masker untuk pelaku perjalanan.

Hal tersebut disampaikannya pada Selasa (10//1/2023). Menurutnya, negara-negara harus mempertimbangkan untuk merekomendasikan penumpang penerbangan jarak jauh mengenakan masker. Mengingat, subvarian Omicron ini menyebar dengan cepat di Amerika Serikat.

WHO juga menyebut di Eropa, subvarian XBB.1.5 terdeteksi dalam jumlah kecil tetapi terus bertambah.

Petugas darurat senior WHO untuk Eropa, Catherine Smallwood, menegaskan pelaku perjalanan disarankan untuk memakai masker dalam pengaturan berisiko tinggi seperti penerbangan jarak jauh.

"Ini harus menjadi rekomendasi yang dikeluarkan untuk penumpang yang datang dari mana saja yang mengalami penyebaran COVID-19," ungkap Smallwood, dikutip dari Reuters, Sabtu (14/1).

Hingga kini, belum ada informasi pasti perihal potensi XBB.1.5 memicu gelombang COVID-19 secara global. Namun para ahli meyakini, vaksin COVID-19 masih efektif melindungi pasien dari gejala parah, risiko rawat inap, dan kematian.

"Negara-negara perlu melihat basis bukti untuk pengujian pra-keberangkatan," beber Smallwood lebih lanjut.

"Langkah-langkah aturan perjalanan harus diterapkan dengan cara yang tidak diskriminatif," imbuhnya.

Aturan Pakai Masker di Indonesia

Pemerintah tidak lagi mewajibkan masyarakat Indonesia mengenakan masker, khususnya semenjak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dicabut pada Jumat (30/12/2022). Namun, penggunaan masker tetap dianjurkan ketika masyarakat berada di tempat tertutup atau ramai.

"Pemakaian masker kita anjurkan untuk di ruangan tertutup dan sempit, di kerumunan, sebaiknya itu dipakai," ujar Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin kepada wartawan, Senin (2/1/2023).

"Tetapi sekali lagi ini kita kembalikan ke masyarakat. Kalau masyarakat merasa dia sehat, di udara terbuka kayak gini nggak perlu, ya nggak usah," sambungnya.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "XBB.1.5 'Kraken' Disebut Corona Paling Menular, Ini Saran WHO soal Pakai Masker"